Sunday, January 22, 2017

Akhirnya Nokia Resmi Luncurkan Android Tahun Ini

SOFTRICKINFO.COM – Nokia, Vendor asal Finlandia ini vakum cukup lama setelah kesuksesannya mengeluarkan Windows phone beberapa tahun lalu. Lama tak terdengar kabarnya, sejak dua tahun yang lalu, Nokia dikabarkan beralih pada Android. Langkah tersebut dilakukan guna mengikuti selera pasar. Setelah sekian lama, akhirnya tahun ini produk Androidnya resmi akan diluncurkan, meski tanggal tepatnya perilisannya masih disembunyikan.

Menurut kabar, Nokia nantinya akan meluncurkan empat perangkat Android. Namun, rumor tersebut terbantahkan, diluar yang telah diperkirakan, ada sekitar enam sampai tujuh buah perangkat yang bakal dirilis nantinya. Tapi satu hal yang sudah dipastikan, seri Nokia 6 hanya akan tersedia di Cina.

Baca juga: 6 Cara Jitu Memilih Smartphone

CEO dan CMO dari HMD Global, selaku pihak yang bertanggungjawab atas produk yang akan dirilis ini menulis di website-nya bahwa Nokia 6 dirancang menggunakan sistem Android 7.0 Nougat, serta didukung dengan layar berukuran 5.5 inci (Full HD) dan dilengkapi dengan pelindung 2.5 D Gorilla Glass.

Sementara untuk prosesor, Nokia 6 menggunakan Qualcomm Snapdragon 430 SoC. Soal RAM, seri ini tampaknya mengikuti kebanyakan ponsel pintar lain, yaitu 4 GB. memori internalnya juga tergolong cukup besar, 64 GB. Kemudian, gadget yang memiliki dual SIM ini menggunakan baterai berdaya 3000 mAh dan non-removable.

Dengan kapasitasnya yang tergolong besar, sangat menunjang aktivitas internet dan berbagai kerpluan lainnya. Namun, yang tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan paket internet, agar kamu bebas browsing dan melakukan berbagai pekerjaan secara mobile. Nah, kabar baiknya, pembelian paket internet kini jadi semakin mudah, karena Traveloka menyediakannya secara online.

Mesin Nokia 6 dibuat dari rangkaian 6 ribu Aluminium dan home button-nya terpasang sensor fingerprint. Dari segi kamera, produk Android Nokia pertama ini tidak kalah dengan perangkat sejenis lainnya. Kamera belakangnya memiliki resolusi 16 MP, sementara kamera depannya beresolusi 8 MP. Bagi kamu para pecinta fotografi, ini adalah satu satu rekomendasi perangkat yang bagus, karena dilengkapi dengan lensa 2.0 dan phase detection auto focus serta dual-tone flash pada kedua kamera.

Seperti seri device Nokia sebelumnya, fitur musik adalah salah satu andalan Nokia. Teknologi Dolby Atmos dan dual amplifier diterapkan guna memberikan suara yang lebih kencang. Meski seri ini hanya tersedia di negeri tirai bambu saja, bagi Anda yang tertarik untuk memilikinya bisa membelinya secara online melalui situs JD.com dan dibanderol sebesar 1699 Yen atau sekitar tiga juta lebih jika dikonversikan ke Rupiah.

Baca juga: 7 Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Membeli Smartphone

Untuk dapat memproduksi Android, Nokia ternyata menggandeng vendor lain seperti LG, Century Technology (CTC), Innolux, dan FIH Mobile (turunan perusahaan Foxconn) untuk melakukan kerjasama guna menghasilkan jenis produk barunya ini. Bahkan, sebelum akhirnya mantap meluncurkan enam sampai tujuh serinya ini, dibuatlah terlebih dahulu Nokia 150, yang merupakan smartphone debutan. Karenanya, wujudnya masih berupa feature phone.

Tampaknya Nokia ingin memberikan kejutan pada pengguna setelah vakum cukup lama. Pasalnya, mereka membiarkan isu-isu menyebar tanpa berniat memberikan klarifikasi. Selain rumor-rumor yang kita bahas ini, ada kabar lain yang menyatakan bahwa Nokia berencana membuat tablet Android. Kabar tersebut semakin membuat penggemar smartphone tambah penasaran.

Baca juga: Waspada Aplikasi Palsu di Smartphone

Akan seperti apakah seri smartphone yang bakal diluncurkan oleh Nokia nantinya? Daripada hanya mengira-ngira dan mengikuti berbagai rumor yang ada, dan membuat kita semakin penasaran, lebih baik kita tunggu saja kelanjutannya.

2 komentar

Ntar kaya nokia X, hehe gagal dipasaran :D

Nama seri nokianya belum tau ya, apakah namanya sama dengan seri-seri terdahulu yaitu seperti nokia 3310


EmoticonEmoticon