Wednesday, April 6, 2016

Apa Itu Jaringan 4G LTE?

SOFTRICKINFO.COM – Jaringan 4G LTE di Indonesia merupakan jaringan generasi terbaru. Ada yang belum mengenalnya? Rasanya sudah hampir setiap pengguna perangkat smartphone, laptop ataupun PC telah mengenal apa itu jaringan 4G LTE. Jaringan 4G LTE memang bukan lagi hal yang awam di telinga masyarakat yang hidup di zaman teknologi serba canggih sekarang ini. Tapi, sepertinya tidak banyak yang mengenal secara lebih detail mengenai jaringan 4G LTE.

Apa Itu Jaringan 4G LTE?
Indosat Ooredoo 4G Plus via Indosatooredoo.com
Nah, di kesempatan kali ini Softrickinfo akan memberikan informasi mengenai apa itu jaringan 4G LTE.

Jaringan 4G

Diawali dengan mengulas tentang 4G terlebih dahulu. 4G adalah singkatan dari istilah Fourth-Generation Technology. Istilah itu mengacu pada standar generasi keempat dari sebuah teknologi ponsel. 4G merupakan pembaharuan dari beberapa teknologi jaringan sebelumnya, yaitu jaringan 2G dan 3G. Sistem jaringan 4G menyuguhkan jaringan pita lebar ultra yang bisa dipakai di beberapa perangkat seperti smartphone, laptop ataupun PC.

Ada beberapa solusi IP komprehensif yang disediakan oleh 3G, di mana mulai dari data, arus multimedia ataupun suara bisa sampai kepada pemakai kapan pun. Ada juga beberapa yang berpendapat bahwa 4G ialah sistem dengan basis IP terintegrasi penuh. Hal tersebut akan didapatkan apabila teknologi nirkabel dan kabel sudah bisa dikonversikan serta dapat memberikan kecepatan yang super cepat 100 Mbps.

Setiap perangkat yang didukung jaringan 4G bakal langsung bisa memiliki nomor IP v6 yang telah lengkap bersama kemampuan untuk berkomunikasi dengan internet telephony dengan basis Session Initation Protocol. Salah satu standar yang direkomendasikan untuk jaringan 4G adalah LTE.

Jaringan 4G LTE

Long Term Evolution (LTE) adalah salah satu standar komunikasi akses data nirkabel dengan tingkat akses yang tinggi serta basis jaringan GSM/EDGE juga UMTS/HSPA. Jaringan dari antarmuka standar komunikasi akses data nirkabel yang satu ini kurang memadahi untuk 2G ataupun 3G. Oleh sebab itu akhirnya disematkan LTE pada jaringan 4G. Jaringan 4G LTE di Indonesia sendiri pun sudah dapat diakses dengan mudah di beberapa wilayah tertentu. Salah satu operator seluler di Indonesia yang telah menyediakan akses jaringan 4G LTE ialah Indosat Ooredoo.


EmoticonEmoticon