Tuesday, March 15, 2016

Pengalaman Diundang ke Acara Blogger di Pontianak

SOFTRICKINFO.COM – Liga Blogger Indonesia saat ini sudah memasuki pekan ke sepuluh. Tema pekan ini adalah Undangan Blogger. Peserta diminta untuk menceritakan pengalaman mereka saat mengikuti acara-cara yang yang berkaitan dengan blogger, entah itu perkumpulan sesama blogger (kopdar), maupun pengalaman saat diundang ke sebuah event yang mendatangkan blogger sebagai media publikasi mereka. Untuk itu kali ini saya akan sedikit bercerita tentang beberaa pengalaman saya bersama Komunitas Blogger Pontianak.

Pengalaman Diundang ke Acara Blogger di Pontianak
MozKopdar PNK 2013 bersama Komunitas Blogger Pontianak
Meski tidak begitu aktif mengikuti setiap kegiatan yang diadakan ataupun yang diikuti oleh Komunitas Blogger Pontianak, Alhamdulillah saya masih memiliki beberapa pengalaman yang tidak bisa saya lupakan ketika menjadi seorang blogger dan bergabung dalam komunitas blogger yang ada di kota saya, Pontianak. Dalam beberapa tulisan di blog ini saya juga sudah sempat membahas beberapa pengalaman tersebut, tapi entah mengapa ada sebuah semangat yang cukup besar untuk menuliskannya kembali ketika saya diminta untuk menceritakannya.

Kopdar Pertama Bersama Komunitas BLETER

Ini adalah pengalam di tahun 2011 kalau saya tidak salah. Tahun di mana saya baru mengena blog untuk pertama kalinya. Saat itu saya masih memiliki sebuah blog mobile yang segala sesuatunya diakses menggunakan handphone. Tak berapa lama belajar blog, saya berkenalan dengan Dwi Wahyudi, salah satu blogger senior di Pontianak. Saya mengenalnya dari seorang teman dan kemudian mendapatkan alamat Facebook-nya.

Setelah beberapa lama mengikuti aktifitasnya di dunia maya, saya tertarik untuk mengikuti kegiatan yang ia adakan untuk para blogger yang ada di Pontianak. Saat itu nama komunitasnya adalah BLETER (mohon maaf kalau penulisannya salah om Dwi). Kami pun akhirnya bertemu di sebuah cafe. Agak sulit awalnya untuk menemukan om Dwi ini, sebab selain saya hanya mengenalnya di dunia maya, saya juga belum pernah bertemu dengannya secara langsung, ditambah lagi saya kurang bisa melihat dengan jelas saat malam. Untunglah saya sempat menyimpan kontak beliau.

Sempat canggung juga karena yang datang saat itu sepertinya sudah sangat jago sekali dalam mengelola blog, saya juga sempat bingung dengan obrolan mereka. Maklum, baru belajar blog bersama mbah Google di warnet yang tidak jauh dari rumah. Saya juga sempat minder ketika om Dwi meminta alamat blog saya. Ya, karena blog yang saya miliki saat itu adalah blog mobile, jadi tampilannya akan kurang maksimal jika diakses menggunakan laptop atau yang lainnya. Tapi Alhamdulillah saya dapat suntikan semangat dari beliau, dan masih tetap ngeblog samapi sekarang.

MozKopdar PNK 2013

Selain kopdar perdana yang begitu menyenangkan, pengalaman tak terlupakan selanjutnya adalah ketika saya diundang ke acara kopdar bersama Mozilla Indonesia. Teman-teman pasti tahulah ya Mozilla atau yang dulu sering disebut Mozilla Firefox? Samapai sekarang bahkan saya merasa itu seperti mimpi, seorang blogger pemula seperti saya diundang ke acara yang sangat mewah seperti itu, sebab diadakan di sebuah mall di Pontianak, dihadiri oleh para blogger senior, dan diisi oleh perwakilan dari Mozilla Indonesia, sebuah perusahaan teknologi yang sudah sangat terkenal namanya.


Di acara itu pula saya bertemu dengan Rohani Syawaliah untuk pertama kalinya, seorang blogger yang berhasil meyakinkan saya untuk mengubah domain blog ini dengan domain berbayar. Darinya juga saya mendapat beberapa pekerjaan hingga kemudian dikenal sebagai seorang Content Writer, dan Alhamdulillah pekerjaan tersebut masih saya geluti hingga saat ini.

Kopdar Sambil Review

Pengalamn yang satu ini juga tidak kalah serunya. Desember 2015 lalu saya dan beberapa teman di Komunitas Blogger Pontianak diundang oleh sebuat Cafe and resto ternama di Pontianak. Bersama sepupu yang selalu seria mengantarkan saya ke manapun, saya akhirnya datang ke tempat yang telah ditentukan. Ini adalah kopdar ke sekian yang saya ikuti dari sekian banyak kopdar yang sempat saya lewati. Beruntungnya lagi, kopdar kali ini difasilitasi langsung oleh pemilik Cafe.

Selain melakukan pertemuan secara langsung di dunia nyata, saya dan teman-teman blogger lainnya juga sepakat untuk membuat tulisan tentang Cafe tersebut. Selama saya belajar menulis konten dan mereview gadget, itu adalah kali pertama saya menuliskan artikel review tentang tempat nongkrong, sebuah review yang di luar kebiasaan saya, alhasil setelah membaca beberapa tulisan teman, ditambah beberapa pengalaman saya pribadi, jadilah tulisan tersebut.

Ya, itulha beberapa pengalaman seru Softrickinfo selama menjadi blogger dan bergabung dengan Komunitas Blogger Pontianak. Semoga tulisan ini bisa membuat saya kembali mensyukuri apa yang telah tejadi di masa lalu, dan membuat semakin baik lagi nantinya. Jika kamu punya pengalaman yang lebih seru, silahkan tulisakan di kotak komentar. Sampai jumpa lagi.

6 komentar

pnk sama bleter itu apa mas?
@guru5seni8
http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

Seru nih tapi kayagnya pas acara ini ane belum tau :D

PNK itu Pontianak
BLETER itu komunitas Blogger and Netter sekarang namanya Komunitas Blogger Pontianak.

Kayaknya sih gitu bang, saya waktu itu masih baru-baru ngeblog soalnya.

Wah seru nih pernah datang ke undangan blogger :)

@gemaulani


EmoticonEmoticon