Monday, February 29, 2016

Ingin Mengumpulkan Biaya Haji Lewat Tabungan? Perhatikan Ini Terlebih Dahulu

SOFTRICKINFO.COM – Menunaikan ibadah haji merupakan salah satu keinginan terbesar bagi umat muslim. Namun biaya haji yang semakin lama semakin tinggi membuat mereka yang ingin menjalankan ibadah ke tanah suci tersebut harus mengumpulkan uang dengan bertahap, sehingga mampu mengumpulkan sejumlah biaya yang telah ditentukan. Salah satu cara untuk mengumpulkan biaya tersebut adalah dengan tabungan haji. Namun, sebelum memilih tabungan haji, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Ingin Mengumpulkan Biaya Haji Lewat Tabungan? Perhatikan Ini Terlebih Dahulu
Menunaikan Ibadah Haji via informasihaji.net
Pertama adalah dengan memilih jenis ONH. Ongkos untuk naik haji itu biasanya ada 2 jenis atau 2 tipe, yaitu ONH regular dan ONH plus. Walaupun keduanya sama-sama digunakan untuk naik haji, perbedaannya terletak pada jumlah biaya yang dipergunakan. ONH Plus memiliki biaya yang lebih banyak atau lebih besar jika dibandingkan dengan ONH regular, bahkan besarnya dapat mencapai 2x lipat. Selain perbedaan biaya, fasilitas yang akan diperoleh juga membedakan kedua jenis ONH tersebut. Jadi, sebelum kamu memilih tabungan haji, pastikan kalau kamu memilih tabungan haji yang sesuai dengan jenis ONH yang telah dipilih.

Kedua adalah dengan memeriksa biaya yang diperlukan untuk haji. Setiap tahun, biaya ibadah haji semakin tinggi. Pada tahun 2015, biaya yang ditetapkan pemerintah untuk dapat melakukan haji adalah sebesar Rp 34 juta. Walaupun kamu memiliki biaya untuk naik haji sesuai dengan ketentuan dari pemerintah, akan tetapi kamu juga harus memperhitungkan biaya untuk keluarga yang nantinya akan ditinggalkan ketika pergi ke Mekkah serta biaya lainnya atau yang disebut dengan indirect cost.

Ketiga adalah dengan menentukan bank yang sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan kenyamananmu. Masing-masing bank memiliki ketentuan dan persyaratan tertentu untuk program haji yang ditawarkan kepada nasabah. Pada dasarnya pemilihan bank sesuai dengan kenyamananmu. Tapi, sebelum memutuskan bank mana yang akan jadi pilihan, ada baiknya kamu melihat atau bertanya terlebih dahulu mengenai biaya haji serta cara yang tepat dan sesuai dengan keadaanmu saat ini.

Keempat adalah merencanakan pengeluaran untuk ditabung dan untuk keperluan lainnya. Untuk itu kamu perlu mengetahui terlebih dahulu biaya haji kedepannya. Jika kamu tidak dapat menghitungnya sendiri, kamu dapat bertanya langsung kepada pegawai bank yang melayanimu sehingga kamu bisa mencapai target haji sesuai dengan yang telah direncanakan. Selama kamu mengumpulkan dana haji yang akan dibutuhkan untuk mengantarkanmu ke tanah suci, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan batin dan mental kita yaitu:
  • Menguatkan niat untuk dapat melaksanakan haji baik lewat lisan maupun pikiran. 
  • Mempelajari tata cara melakukan haji. Dengan pengetahuan tersebut, kita akan dapat memperkuat keinginan haji dan memperkhusyuk ibadah haji. 
  • Memperbanyak doa dan selalu berfikiran positif sehingga dapat terhindar dari pikiran negatif dan berburuk sangka.

    1 komentar so far

    mari bismillah mengumpulkan dananya


    EmoticonEmoticon