Sunday, December 13, 2015

Profil Singkat Haitami Salim, Guru Besar Pertama IAIN Pontianak

SOFTRICKINFO.COM – Beberapa hari ini timeline Facebook Softrickinfo rutin memperlihatkan kiriman ucapan selamat dan do’a kepada salah satu dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Sebuah kebanggaan bisa menuliskan sedikit tentang beliau di blog sederhana ini. Beliau adalah Mohammad Haitami Salim, guru besar pertama di lingkungan IAIN Pontianak. Softrickinfo mencoba mengumpulkan beberapa informasi tentang beliau dan menuliskannya di sini.

Profil Singkat Haitami Salim, Guru Besar Pertama IAIN Pontianak
Ucapan selamat untuk Pak Haitami via https://www.facebook.com/haitami.salim
Saya sendiri belum pernah bertatap muka secara langsung dengan beliau yang akrab dipanggil Pak Haitami tersebut, hanya sempat beberapa kali berpapasan dengan beliau ketika berada di kampus. Nama lengkapnya adalah Mohammad Haitami Salim (Prof. Dr. H. Haitami Salim, M. Ag), kelahiran Banjar Sarasan, 3 Okotober 1956. Istrinya bernama Sri Rahayu. Meruapakan anak dari pasangan bapak H. Salim Sa’ad dan ibu Hj. Naisyah A. Syukur.

Sebelum menjadi Guru Besar seperti saat ini, pak Haitami sempat menempuh pendidikan di SD Negeri 50 Pontianak, lalu melanjutkan pendidikan ke MTs 2 Pontianak, setelah itu mengikuti Pendidikan Guru Agama (PGA), lalu masuk ke IAIN Syarif Hidayatullah Pontianak, dan kemudian menimba ilmu di IAIN Sunan Ampel Surabaya, terakhir ia juga sempat mengenyam pendidikan di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) Kuala Lumpur.

Beberapa karya yang pernah dihasilkannya juga turut menghantarkan pak Haitami sebagai seorang guru besar pendidikan Islam di Perguruan Tinggi Islam Negeri pertama di Pontianak, Kalimantan Barat. Beberapa karya beliau antara lain:

- Gagasan dan Gerakan Pendidikan BKPRMI (Sebuah Fenomena Baru Organisasi Kemasyarakatan
- Pemuda islam pada Masa Orde Baru) tahun 2002
- Filsafat Pendidikan tahun 2006
- Prasangka Antar Kelompok Etnis di Kalimantan Barat tahun 2007
- Islam di Pedalaman Kalimantan Barat
Dan masih banyak lagi karya-karya lainnya dari hasil riset yang telah beliau lakukan.

Itulah sedikit informasi singkat tentang Profil Singkat Haitami Salim, Guru Besar Pertama IAIN Pontianak semoga dapat bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua. Berharap aka nada guru-guru besar lainnya hadir di IAIN Pontianak. Bangga jadi mahasiswa IAIN Pontianak.

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. Jika ada yang perlu diperbaiki, silahkan tinggalkan komentar atau pesan melalui Facebook.

1 komentar so far

Info keren. Maju terus kampus IAIN Pontianak. Kampus kebanggan. Kampus peradaban.


EmoticonEmoticon