Friday, July 17, 2015

Pontianak ‘Bergetar’ Sambut Idul Fitri 1436 H

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, tuhan semesta alam yang sudah memberikan kesempatan kepada seluruh umat muslim di dunia bertemu dengan Idul Fitri (Lebaran) 1436 H. Di Indonesia, pemerintah sepakat bahwa lebaran atau tanggal 1 Syawal 1436 H jatuh pada 17 Juli 2015. Itu artinya semua umat muslim di tanah air saat ini sedang bersuka cita menyambut datangnya hari kemenangan tersebut, tak terkecuali bagi umat muslim yang berada di Pontianak, termasuk Softrickinfo.com.

Pontianak ‘Bergetar’ Sambut Idul Fitri 1436 H dengan Meriam Karbit
Meriam Karbit Pontianak via Rohani Syawaliah - Facebook
Di sini, di Pontianak, hari raya Idul Fitri tidak hanya dirayakan dengan mengumandangkan takbir tapi juga dibarengi dengan beberapa kegiatan lain seperti ziarah kubur, hantar makanan, takbir keliling yang dilakukan oleh anak-anak dari rumah ke rumah, dan yang tak kalah menarik adalah kebiasan yang selalu ada setiap tahun menjelang lebaran, yaitu permainan Meriam karbit. Tahun ini permainan tersebut terasa semakin meriah dan bahkan diadakan sebuah acara dengan tajuk “Festival Nyucol Meriam”.

Bagi orang yang baru pertama kali melihat permainan tradisional khas Pontianak, Kalimantan Barat yang satu ini mungkin akan menanggapinya dengan berbagai macam respon, ada yang suka dan ada yang tidak suka. Mungkin saja. Tapi nyatanya, meskipun suaranya berisik dan mampu menggetarkan seluruh Kota Pontianak, banyak orang bahkan turis asing yang menyukai permainan tersebut. Alhasil, ketika malam Idul Fitri tiba, maka suara Meriam adalah suara yang sangat khas bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Kota Pontianak, terutama yang berada di dekat Sungai Kapuas, lokasi di mana permainan Meriam diadakan.

Karena permainan Meriam karbit sendiri bisa dikatakan sebagai acara rutin tahunan ketika Ramadhan dan lebaran, maka tak heran jika permainan tersebut menjadi sebuah wahana hiburan yang menarik bagi masyarakat. Sehingga jangan heran jika jalanan akan menjadi macet parah karena ramainya warga yang berduyun-duyun ingin menyaksikan dari dekat permainan tersebut dan mendengarkan langsung suara yang dihasilkan Meriam-meriam bamboo tersebut ketika sedang beraksi menghentak dan menggetarkan dareha di sekitarnya, termasuk rumah admin sendiri, Bahrul Ilmi.

Untuk tahun ini, kabarnya Festival Meriam yang diadakan lebih meriah. Sebab katanya bukan hanya Meriam dari bamboo saja yang ikut beratraksi, tapi Meriam yang terbuat dari besi juga turut membuat Pontianak bergetar pada malam hari ini. Ketika tulisan ini dibuat, getaran yang dihasilkan oleh dentuman Meriam-meriam tersebut sangat terasa sekali, sehingga mengusik Softrickinfo.com untuk menceritakannya di sini.

O iya, karena ini momennya lebaran, maka dari itu Softrickinfo.com juga ingin meminta maaf kepada seluruh sobat Softrickinfo di manapun berada. Mohon maaf jika selama setahun ini ada postingan-postingan Softrickinfo yang dianggap salah atau menyimpang, atau mungkin jarang update, Softrickinfo mohon maaf. Mskipun kita tidak berjabat tangan secara langsung, tapi insya Allah hati ini tulus untuk mengucapkan…

Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.


EmoticonEmoticon