Friday, February 20, 2015

Bolehkah ASUS Zenfone 5 di Root?

Bolehkah ASUS Zenfone 5 di Root?

Root, merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh seseorang agar bisa mendapatkan akses penuh terhadap sistem Android yang terpasang pada perangkat mereka. Pada awal kemunculannya hingga sekarang, melakukan Root pada device Android dianggap dapat menghilangkan garansi resmi dari device tersebut. Namun seiring dengan perkembangannya, hal tersebut bukan lagi sebuah masalah besar, karena device yang sudah di Root bisa dikembalikan lagi seperti semula (unroot). Banyak pengguna yang bertanya, “bolehkah ASUS Zenfone 5 di Root?”

Jika sobat adalah pengguna ASUS Zenfone 5 dan memiliki pertanyaan yang sama, Softrickinfo.com akan mencoba memberikan jawabannya untuk sobat. Jawaban ini mungkin saja berlaku untuk device Android lainnya.

Apa boleh ASUS Zenfone 5 di Root?

Berdasarkan pengalaman Softrickinfo.com selama menggunakan device Android dan juga hasil pantauan selama ini, melakukan Root pada perangkat Android, teruma untuk ASUS Zenfone 5 boleh-boleh saja, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ketika ASUS Zenfone 5 atau device Android lainnya sudah di Root, maka garansi resmi device tersebut sebenarnya sudah hilang. Banyak pengguna yang sudah ahli di bidang modding Android berpendapat bahwa device Android yang sudah di Root bisa dikembalikan lagi seperti semula, yaitu dengan melakukan Unroot.

Apa Manfaat Root di ASUS Zenfone 5?

Sama seperti pada device Android biasanya, ketika kita melakukan rooting terhadap ASUS Zenfone 5, maka kita memiliki hak akses penuh terhadap sistem Android yang terpasang pada ASUS Zenfone 5. Kita bisa melakukan modifikasi sistem, tampilan, menghapus aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan, memasang beberapa aplikasi yang memerlukan akses Root, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apa tidak bahaya jika ASUS Zenfone 5 di Root?

Meski dapat memiliki akses penuh terhadap sistem Android yang sudah di Root, namun ada beberapa hal yang sudah menjadi resiko pengguna yang melakukan rooting terhadap devie Android yang ia miliki. Selain kehilangan garansi resmi, tak jarang pengguna Android mengaami masalah pada perangkat mereka setelah melakukan Root. Hal yang paling sering terjadi adalah error pada sistem dan juga bootloop (softbrick) bahkan ada juga yang mengalami perangkat Androidnya mato total (matot/hardbrick).

Untuk beberapa masalah seperti error sistem dan juga bootloop, sudah dapat ditangani dengan melakukan flashing (install ulang) sistem Android yang terpasang pada device yang mengalami masalah tersebut. Untuk hardbrick sendiri biasanya juga bisa diatasi dengan cara tersebut namun jika masalahnya sudah terlalu parah, maka deviece Android tersebut harus dibawa ke Service Center terdekat.

Berdasarkan pengalaman dari beberapa pengguna ASUS Zenfone 5, ketika perangkat tersebut sudah di Root dan dimodifikasi, maka kita tidak bisa mendapatkan informasi update sistem secara otomatis dan harus melakukan update secara manual. Itu karena update sistem ASUS Zenfone 5 disisipi dengan sebuah script yang dapat memeriksa aplikasi dan sistem yang terpasang pada ASUS Zenfone 5 dan juga keluarga ASUS Zenfone lainnya.

TIPS

Jika tidak terlalu diperlukan, sebaiknya hindari untuk melakukan Root pada perangkat Android sobat. Namun jika sudah terlanjur dilakukan atau ingin melakukan, pastikan sobat sudah bisa mengatasi jika suatu saat terjadi masalah pada perangkat yang sudah di Root tersebut, misalnya seperti Unroot, flashing, memasang recovery dan lain-lain. Jangan lupa untuk selalu melakukan backup data ketika ingin melakukan sesuatu yang berhubungan dengan sistem pada perangkat Android sobat.

Khusus untuk sobat pengguna ASUS Zenfone 5 atau ASUS Zenfone seri lainnya dan sudah melakukan rooting, usahakan agar sobat bisa mengembalikan sistem tersebut seperti semula untuk bisa mendapatkan update dan juga melakukan update Over The Air (OTA) secara otomatis.

Jika banyak aplikasi bawaan yang dianggap tidak perlu, sebaiknya aplikasi tersebut di Freeze saja. Sobat bisa mencoba aplikasi Link2SD atau yang lain untuk melakukannya. Semoga informasi kali ini dapat dipahami dengan baik dan bermanfaat untuk sobat.


EmoticonEmoticon