Saturday, December 20, 2014

XL Akhirnya Resmi Luncurkan 4G LTE

XL Akhirnya Resmi Luncurkan 4G LTE

PT XL Axiata Tbk (XL), yang saat ini merupakan operator seluler terbesar kedua di Indonesia, akhirnya secara resmi telah meluncurkan komersialisasi layanan 4G LTE (Long Term Evolution) di 3 kota besar yang ada di Indonesia. Tiga kota besar tersebut antara lain Medan, Yogyakarta, dan Bogor, Jumat (19/12/2014). Acara peluncuran layanan jaringan internet terbaru itu dilakukan secara virtual di tiga kota tersebut, yang tersambung secara simultan melalui jaringan XL 4G LTE.

Layanan internet berkecepatan tinggi dan berteknologi canggih yang telah disediakan oleh XL ini didukung oleh mitra penyedia jaringan terkemuka di dunia, yakni Ericsson, Huawei dan Nokia. Dalam peluncuran tersebut turut hadir pula Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dan Group Chief Marketing Regional Officer Axiata, Dian Siswarini yang berada di Jakarta.

“Hari ini XL memenuhi janji kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia untuk meluncurkan layanan XL 4G LTE secara komersial dan terluas,” ujar Direktur Service Managament XL, Ongki Kurniawan, Jumat (19/12/2014).

“Kami adalah operator pertama yang menggelar layanan 4G LTE di tiga kota sekaligus, termasuk di Medan di Sumatera Utara yang cukup jauh dari Ibu Kota Jakarta,” lanjutnya.

Selain di tiga kota tersebut, 4G LTE XL juga akan diluncurkan di Surabaya, dan akan segera menyusul di kota-kota lainnya, termasuk Jakarta. Dengan dikomersialkannya layanan 4G LTE ini, berarti XL kini menawarkan layanan dengan 3 teknologi yaitu 2G, 3G dan 4G LTE, yang sekaligus memposisikan dirinya sejajar dengan operator seluler besar lainnya secara global.

Ongki menambahkan, bahwa pemilihan tiga kota tersebut sebagai lokasi peluncuran layanan XL 4G LTE yang pertama adalah berdasarkan pada beberapa pertimbangan, yaitu bisnis, tingginya potensi permintaan pelanggan, ketersediaan alokasi frekuensi, XL juga mempertimbangkan sisi dukungan bagi percepatan pembangunan di daerah melalui jaringan pita lebar dan layanan internet cepat. XL berharap bisa mendukung visi pembangunan infrastruktur pemerintah. Pada tahap awal ini, total jumlah BTS 4G sudah mencapai lebih dari 100 BTS.

Jumlah BTS tersebut akan terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan. Biaya yang dikeluarkan XL untuk menyediakan layanan mobile 4G LTE ini sudah menjadi bagian dari keseluruhan nilai investasi XL di tahun 2014 yang mencapai sekitar Rp 7 triliun.

Untuk memasyarakatkan layanan 4G LTE ini, XL juga telah menyiapkan ekosistem pendukungnya, seperti penyediaan ponsel, aplikasi digital yang memberikan keuntungan menarik bagi para pelanggan (gratis streaming lagu di Guvera, live streaming nonton pertandingan bola Liga Inggris, video streaming di VIKI, dan konten Muslimku), maupun paket data layanan 4G LTE. XL telah bekerjasama dengan sejumlah penyedia ponsel 4G LTE, yaitu LG dan Sony.

Selanjutnya XL juga akan menjalin kerjasama dengan beberapa brand ponsel antara lain seperti Samsung, Apple, HTC, Lenovo, Xiaomi, dan BlackBerry. Dengan demikian, pelanggan XL akan bisa lebih mudah mendapatkan ponsel 4G melalui program bundling mulai dari harga Rp 3-5 jutaan yang sudah tersedia sejak peluncuran layanan XL 4G LTE ini. Sementara itu untuk paket data 4G, XL juga sudah mempersiapkannya dan pelanggan sudah bisa langsung memperolehnya sejak dimulainya peluncuran layanan XL 4G-LTE.


EmoticonEmoticon