Monday, October 20, 2014

Lumia Denim, Codename Firmware Windows Phone Berikutnya

Lumia Denim, Codename Firmware Windows Phone Berikutnya

Sejak diakuisisi oleh Microsoft smartphone buatan Nokia yang kemudian dikenal dengan nama Windows Phone tampaknya rajin sekali mendapatkan update firmware terbaru. Beberapa waktu lalu Microsoft baru saja memberikan hak akses kepada beberapa seri Nokia Lumia berbasis Windows Phone agar para penggunanya bisa melakukan update firmware ke versi terbaru yang saat itu diberi nama atau codename "Cyan".

Kini Microsoft dikabarkan kembali mengumumkan sebuah codename baru untuk firmware Windows Phone berikutnya. Dalam acara IFA 2014 di Berlin, Jerman Microsoft dengan bangga mengumumkan bahwa mereka sudah menyiapkan update terbaru untuk Windows Phone, yaitu Lumia Denim. Microsoft menyatakan bahwa update terbaru ini nantinya akan memberikan sebuah pengalaman baru bagi para penggunanya.

Beberapa fitur dan aplikasi siap dihadirkan bersama Lumia Denim. Beberapa diantaranya adalah Hey Cortana, pada aplikasi yang satu ini Microsoft menawarkan sebuah pengalaman baru bagi para penggunanya. dengan memanfaatkan teknologi SensorCore, Cortana dapat dibuat untuk menyalakan layar perangkat Lumia hanya dengan mengatakan "Hey Cortana".

Berikutnya ada Lumia Camera. Sebuah aplikasi fotografi yang dibuat untuk menggantikan Nokia Camera. Aplikasi yang nantikan akan dijadikan sebagai aplikasi default pada perangkat Lumia ini diklaim mampu memberikan pengalaman membuka kamera yang lebih cepat dari sebelumnya.

Pada update terbaru ini Microsoft juga memberikan sistem pemrosesan gambar yang baru. Dengan menggunakan sistem ini hasil foto nantinya akan terlihat lebih jernih walau sedang dalam keadaan kekurangan cahaya. Sistem ini diklaim sangat cocok untuk pengguna Lumia yang menyukai fotografi.

Selain itu Microsoft juga membenamkan fitur Moment Capture pada Lumia Denim. Fitur ini merupakan tawaran terbaru dari Microsoft. Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu menekan tombol kamera beberapa saat, fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan resolusi 4K atau di atas resolusi HD. Bahkan di video tersebut pengguna bisa menyimpan gambar atau foto yang dianggap menarik.

Fitur terakhir yang ditawarkan oleh Microsoft melalui Lumia Denim adalah Rich Capture. Fitur yang satu juga berhubungan dengan kemampuan fotografi yang diberikan oleh Lumia Denim. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat mengambil gambar dengan menggunakan fitur Auto HDR. Mampu mengambil gambar walau dalam kondisi kekurangan cahaya, karena diabantu dengan fitur Dynamic Flash.

Menurut informasi yang diperoleh dari situs WinPoin, update Lumia Denim akan mulai dibagikan pada kurtal keempat tahun ini. Jika tidak ada halangan dan tidak salah perhitungan, maka kita bisa memperkirakan bahwa update tersebut akan bisa kita nikmati pada bulan Oktober ini. Namun untuk lebih jelasnya kita tunggu saja kabar terbarunya.


EmoticonEmoticon