Monday, October 27, 2014

Alasan Kenapa Saya Jadi Blogger

Alasan Kenapa Saya Jadi Blogger

Jika seorang blogger ditanya soal alasan mengapa ia menjadi seorang blogger, tentu jawaban yang akan mereka berikan berbeda-beda. Begitu juga dengan saya. Dari sejak awal saya mengenal blog di tahun 2011 lalu hingga sekarang, ada banyak hal yang kemudian menjadi alasan saya untuk tetap ngeblog dan menjadi seorang blogger sampai saat ini. Walaupun kemampuan saya dalam hal mengelola blog masih sangat minim, saya tidak malu untuk berada di antara blogger-blogger hebat yang tersebar di dunia maya.


Alasan pertama mengapa saya menjadi blogger adalah karena iseng. Ya, waktu itu sekitar bulan Oktober 2011 saya dan sepupu saya mencoba-coba untuk membuat sebuah blog dan mempelajarih apa sih blog itu. Saya sendiri saat itu masih belum tahu apa-apa soal blog, yang saya tahu hanyalah halaman-halaman website yang dapat kita jumpai melalui mesin pencari Google. Setiap hari Minggu kami selalu ke warnet yang ada di Jalan Panglima Aim Pontianak, sembari menunggu hasil download-an kami selesai dan waktu main kami di warnet tersebut mencukupi waktu dua jam, kami meluangkan waktu untuk mengedit blog kami masing-masing.

Bagai seorang yang sudah mahir menggunakan blog, kami pun mencari berbagai hal tentang blog melalui mesin pencari. Kami menemukan banyak hal di sana, di hasil pencarian. Mulai dari cara membuat, mengedit, dan mengoptimasi blog bahkan hingga cara mendapatkan uang dari blog. Sebuah keuntungan dari memiliki blog yang saat itu membuat saya dan sepupu saya semakin tertarik dengan blog.

Minggu demi minggu kami lewati dengan aktivitas yang sama, di tempat yang sama, dan dijadwal yang sama. Ya, itulah kegiatan saya dan sepupu jika sudah hari Minggu. Ke warnet untuk mencari film atau musik dan tidak lupa mengedit blog yang kami miliki. Namanya juga blogger pemula, semua hal tentang blog yang didapatkan langsung dipraktekkan. Alhasil blog yang semual biasa, telah berubah menjadi luar biasa. Luar biasa aneh tampilannya. Tapi tak apalah, namanya juga masih belajar.

Entah mengapa di tengah kesenangan kami dengan blog masing-masing mulai berkurang. Sepupu saya sendiri sudah tidak mau lagi mengurus blognya pada saat itu. Akibatnya blog pertama yang kami miliki hilang tanpa bekas. Hilang begitu saja bersama rasa kesenangan akan indahnya memiliki blog yang saat itu sudah mulai luntur.

Suatu hari di sekolah, guru TIK saya memberikan materi tentang cara membuat blog. Saya yang saat itu sudah mengerti cara membuat email dan blog hanya mendengarkan penjelasan yang ia berikan, langkah demi langkah hingga kahirnya sebuah blog berhasil dibuat.  Di rumah saya kembali teringat dengan hal tersebut. Keinginan saya untuk memiliki sebuah blog uncul kembali. Bermodal handphone Java yang hanya bisa menulis kata sebanyak 500 karakter saya kembali membuat blog. Kali ini tidak menggunakan komputer, tapi langsung dari handphone yang saya gunakan pada saat itu.

Saya berhasil membuat blog kedua saya kala itu kalau tidak salah. Saya juga sempat mengisinya dengan beberapa tulisan bertemakan teknologi seperti handphone, komputer dan lain-lain. Namun lagi-lagi nasib blog tersebut harus bernasib sama seperti blog yang sebelumnya. Namun rasa untuk memiliki sebuah blog masih begitu kuat di dalam diri saya. Saya merasa menulis di blog adalah sebuah kegiatan yang sangat cocok dengan kondisi dan keadaan saya. Tak hilang semangat saya pun mencari layanan blog yang bisa saya akses secara penuh mennggunakan handphone yang saya gunakan. Dan benar saja, saya menemukan beberapa layanan blog yang dapat memenuhi keinginan saya tersebut. Pilihan saya saat itu jatuh pada MyWapBlog.com.

Blog pertama saya di MWB berhasil dibuat dan dipublikasikan tepat apada malam tahun baru 2012 denga tulisan pertamanya saat itu adalah tentang kemeriahan tahun baru di daerah tempat tinggal saya. Di blog yang ketiga ini, saya sangat menikmati sekali memiliki sebuah blog, karena dapat saya akses secara penuh menggunakan handphone dengan jumlah tulisan maksimal 512 karakter. Blog tersebut bertahan selama kurang lebih 6 bulan hingga akhirnya saya kembali ke layanan blogger.

Saat itu saya sudah memiliki sebuah notebook. Karena sesuatu dan lain hal, saya kemudian kembali ke layanan blogger.com dan membuat sebuah blog baru dengan nama Softrickinfo yang kemudian berkat usulan seorang teman blog tersebut akhirnya menggunakan domain [dot]com dan berubah dari yang sebelumnya softrickinfo.blogspot.com menjadi softrickinfo.com.rasanya seperti mimpi bisa punya blog dengan domain [dot]com di belakangnya.

Dari blog yang sampai saat ini masih saya miliki tersebut saya menemukan alasan-alasan lain mengapa saya menjadi seorang blogger. Saya ingin saya dikenal di dunia maya, saya ingin tulisan-tulisan bertemakan teknologi yang saya re-write dari situs lain bisa dibaca oleh orang banyak dan bermanfaat bagi mereka. Saya ingin menunjukkan bahwa meski saya tidak seperti orang kebanyakan, saya masih bisa berkarya lewat blog yang saya miliki. Saya juga ingin semua orang bisa merasakan apa yang saya rasakan tentang ngeblog dan menjadi seorang blogger.


Mendapatkan uang dari blog yang sempat terbesit dipikiran saya pada saat pertama kali membuat blog kini datang dengan sendirinya tanpa iklan melalui blog, promosi atau yang semacamnya.. Saya hanya mebantu beberapa teman untuk membuat tulisan sesuai dengan kemampuan yang saya miliki dan kemudian terus berlanjut hingga sekarang. Itulah sedikit cerita saya tentang mengapa saya menjadi seorang blogger.

2 komentar


EmoticonEmoticon