Tuesday, August 12, 2014

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Pengguna Android

kemampuan menggunakan android

Selain Windows Phone, iOS dan BlackBerry, Android masih menjadi sebuah sistem operasi smartphone yang banyak dicari oleh para pecinta gadget. Karena kecintaan mereka tersebut, apapun nama smartphone yang mereka gunakan, mereka tetap menyebutnya Android. Yaa sebenarnya ada faktor lain yang membuat mereka menyebutnya seperti itu.

Apapun smartphone-nya, dan apapun sistem operasi atau ROM yang digunakan, kita sebagai pengguna harus memiliki pengetahuan tentang gadget yang kita gunakan dan kemampuan mengoperasikan serta merawat gadget tersebut. Berikut Softrickinfo berikan beberapa kemampuan yang harus dimiliki pengguna Android.

#1. Memahami Spesifikasi dan Kualitas

Memiliki pemahaman tentang gadget Android yang kamu miliki itu perlu. Itu akan bermanfaat ketika kamu memutuskan untuk membeli sebuah gadget bersistem Android dan pada saat selama kamu menggunakannya. Memahami spesifikasi dan kualitas sebuah gadget Android dapat membantu kamu memilih gadget Android mana yang harus dipilih untuk kamu miliki dan bagaimana kamu harus menggunakan serta merawatnya dengan baik.

#2. Membedakan Mana Aplikasi Yang Penting dan Mana Yang Tidak

Seringkali pengguna gadget Android menginstal berbagai macam aplikasi di gadget mereka. Sehingga gadget tersebut terasa tidak nyaman saat digunakan. Itu dikarenakan aplikasi yang terlalu banyak sehingga menghabiskan banyak ruang penyimpanan pada gadget dan menghabiskan kapasitas RAM. Akibatnya gadget menjadi terasa lambat dan membuka aplikasi yang sebenarnya tidak kita inginkan.

Cobalah untuk membedakan mana aplikasi yang penting untuk di instal dan mana yang tidak. Kamu juga sebaiknya menghapus aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak kamu perlukan di gadget yang kamu gunakan. Kamu juga bisa menghapus beberapa aplikasi bawaan di gadget yang kamu miliki, namun itu memerlukan root akses dan pengetahuan khusus tentang aplikasi yang akan dihapus.

#3. Mengatasi Masalah Kecil Pada Gadget

Teknologi ada memang untuk memudahkan pekerjaan kita, tapi bukan berarti kita hanya tahu menggunakan saja tanpa mengetahui bagaimana harus bertindak jika terjadi masalah pada gadget yang kita gunakan padahal masalah tersebut adalah masalah sepele tapi kita paniknya luar biasa. Ketika menggunakan gadget Android kamu akan menemukan masalah seperti aplikasi yang ‘not responding’, aplikasi yang yang kadang-kadang tertutup sendiri karena RAM tidak mencukupi, dan lain-lain.

Itu adalah beberapa masalah kecil yang akan kamu alami. Jika kamu tidak tahu cara mengatasinya sendiri, mungkin kamu akan memutuskan untuk pergi ke tukang service atau ke toko komputer untuk memperbaikinya dan itu biasanya memerlukan biaya. Padahal kamu bisa mengatasinya sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya.

#4. Mengerti Root dan Unroot

Kemampuan ini berguna ketika kamu ingin sedikit bermain dengan sistem Android di gadget yang kamu gunakan seperti ketika ingin menghapus beberapa aplikasi bawaan, mengubah tampilan aplikasi tertentu, menambahkan menu-menu tertentu di gadget kamu dan menginstal beberapa aplikasi yang memerlukan root akses seperti aplikasi untuk mengubah font atau bentuk tulisan.

Banyak orang yang takut melakukan Root terhadap gadget Android mereka karena takut akan menghilangkan garansi resmi dari gadget yang mereka gunakan. Padahal itu bisa diatasi dengan yang namanya proses Unroot atau Flash ulang yang biasa juga disebut dengan instal ulang. Namun untuk beberapa kondisi kamu tidak bisa melakukan hal-hal tersebut.

#5. Mengerti Caranya Instal Ulang a.k.a Flashing

Untuk mengerti cara yang satu ini, kamu harus punya beberapa persiapan. Seperti bergabung dengan forum atau grup facebook yang membahas tentang gadget Android kamu dan memiliki beberapa file yang nantinya akan kamu gunakan saat melakukan flashing pada gadgetmu. Saat sudah menguasai kemampuan ini dengan baik, kamu bukan hanya bisa menyelamatkan gadgetmu, tapi kamu juga bisa menyelamatkan gadget orang lain dan bahkan kamu bisa menjadikannya sebagai sebuah peluang usaha untukmu.

Itulah beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh pengguna Android versi Softrickinfo. Sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya tapi sepertinya bisa kita bahas melalui kota komentar atau melalui akun facebook admin atau fans page Softrickinfo. Semoga artikel ini bermanfaat.


EmoticonEmoticon