Sunday, August 10, 2014

Jenis Font dan Tulisan

font dan tulisan

Jenis huruf atau font tampaknya memiliki pengaruh terhadap sebuah tulisan. Tidak jarang bentuk sebuah font menjadikan sebuah tulisan terlihat indah dan menarik untuk dibaca. Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa banyak jenis font yang bermunculan dan juga banyak orang yang jadi suka mengoleksi berbagai macam jenis font. Bahkan tidak jarang ada orang yang begitu melihat sebuah tulisan, mereka langsung tahu jenis font apa yang digunakan pada tulisan tersebut.

Penggunaan tulisan yang berbagai macam bentuk pada sebuah desain mungkin juga merupakan alasan lain mengapa tulisan itu beranekaragam bentuknya. Bentuk tulisan yang begitu-begitu saja terkadang juga dapat membuat kita menjadi bosan karena sudah terlalu sering melihat dan menggunakannya. Sehingga untuk menghilangkan kebosanan tersebut kita perlu untuk mencari bentuk huruf yang lain.

Selain untuk menghilangkan kebosanan pada diri kita sendiri, penggunaan jenis font yang baru juga bisa mempengaruhi orang-orang yang membaca tulisan kita. Tidak semua orang menyukai jenis font yang kita gunakan, namun kita juga tidak mengkin menyesuaikan font yang kita gunakan berdasarkan kesukaan masing-masing pembaca.

Tapi jangan khawatir, karena kita masih bisa melakukan hal yang tepat dalam memilih sebuah font untuk tulisan yang kita buat. Menurut saya, font yang bagus tidak selamanya harus berbentuk lucu, banyak seninya dan juga berbeda dari yang lain. Font yang terlihat biasa-biasa saja terkadang bisa terlihat bagus.

Carilah font yang sederhana namun tidak terlihat terlalu biasa. Maksudnya adalah carilah sebuah bentuk huruf yang biasa tapi terlihat berbeda, enak dilihat namun tidak begitu sulit untuk membacanya. Salah satu daya tarik sebuah tulisan terletak pada jenis huruf yang digunakan, itu menurut saya. Karena tulisan yang biasa-biasa saja bisa dilirik oleh pembaca karena bentuk hurufnya yang menarik. Sebaliknya, tulisan yang sebenarnya bagus dan bermanfaat akan menjadi tidak diperhatikan dan bahkan ditinggalkan oleh pembaca karena bentuk hurufnya yang aneh dan sangat sulit untuk dibaca.

Berusahalah untuk tidak egois dalam memilih sebuah font. Kita tidak boleh memilih font hanya berdasarkan karena kita suka dengan font tersebut, tapi kita juga harus memikirkan orang lain yang nantinya akan membaca tulisan yang dibuat menggunakan font tersebut. Kamu mungkin mengerti membaca tulisan yang bentuknya berkelok-kelok, tapi belum tentu orang lain juga bisa membacanya sama sepertimu. Jadi, pilihlah jenis huruf yang tepat.

Selamat berburu font baru…


EmoticonEmoticon