Tuesday, May 27, 2014

Software Editing Favorit

Sony Vegas Pro

Sejak mengenal IT beberapa tahun lalu, saya banyak belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan itu. Saya tidak merasa membuang-buang waktu karena mempelajari semua itu. Itu karena saya yakin, jika saya mempelajarinya dengan sungguh-sungguh, maka saya akan menikmati hasilnya nanti. Saat ini saya sedang senang sekali mempelajari tentang video editing, dan kali ini saya akan berbagi cerita tentang itu.

Selain tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, saya juga merupakan anggota di salah satu laboratorium Dakwah, yaitu Lab Televisi. Di situ, saya dan kawan-kawan belajar bagaimana caranya mengoperasikan alat-alat yang digunakan untuk menanyangkan sebuah program acara agar bisa dinikmati oleh para penonton yang dapat menikmati siaran kami.

Untuk bisa menyiarkan sebuah tayangan itu tidaklah mudah, ada sebuah proses panjang yang saya dan kawan-kawan lakukan sebelumnya. Salah satu bagian dari proses tersebut adalah mengedit sebuah video yang akan ditayangkan. Dalam proses tersebut salah satu orang yang terlibat sebagai editor adalah saya. Untuk itu saya harus bisa menyatukan semua hasil rekaman video yang telah diambil oleh kameramen menjadi sebuah tayangan yang menarik untuk disaksikan.

Untuk melakukan hal tersebut, tentu saja saya tidak bisa melakukannya dengan tangan kosong. Saya menggunakan sebuah software video editor untuk melakukannya. Di sini yang menggunakan software Sony Vegas Pro yang juga merupakan software video editing favorit saya.

Kenapa?

Itu karena dari beberapa software yang saya temukan, saya merasa Sony Vegas Pro adalah salah satu software video editing yang sangat cocok dengan saya. Meskipun saya tahu bahwa masih ada software lain yang lebih bagus dan memiliki fungsi yang sama. Alasan yang lain adalah karena tampilan Sony Vegas Pro yang cukup sederhana dan mudah untuk saya gunakan.

Banyak orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang video editing yang menyarakan saya untuk berpindah ke software lain seperti Adobe Premiere. Namun saya merasa masih banyak hal yang belum bisa saya lakukan dengan Sony Vegas Pro, masih banyak hal-hal yang harus saya pelajari tentang video editing, sehingga saya memutuskan untuk tetap menggunakan Sony Vegas Pro hingga saya merasa sudah cukup siap untuk bermain dengan software video editor lainnya.

Apa di antara sobat sekalian yang membaca tulisan ini juga memiliki hobi mengedit video? Ataua juga memiliki software favoritnya sendiri? Mari berbagi pengalaman di sini bersama saya.


EmoticonEmoticon