Monday, April 7, 2014

Biasakan Untuk Melakukan Backup

Biasakan Untuk Melakukan Backup
Halo sobat Softrickinfo semuanya, kali ini kita akan mencoba membahas tentang pembiasaan membuat sebuah backup-an dari data-data penting yang kita milki, atau sistem operasi yang kita gunakan. Bagi sebagian orang membuat sebuah cadangan file entah itu data ataupun sistem adalah hal yang merugikan dan membuang-buang waktu, namun ternyata, jika itu dibiasakan maka kita sendiri akan merasakan manfaatnya.

Sedikit bercerita, dulu ketika saya belum mempelajari tentang modifikasi android, saya tidak pernah melakukan backup atau membuat cadangan untuk file-file penting yang saya miliki. Nah, ketika saya sudah mempelajari android dan memberanikan diri untuk memncoba melakukan apa yang sudah saya pelajari, saya mengalami banyak hal, terutama kehilangan data-data penting yang saya simpan pada smartphone android yang saya gunakan.

Namun hal tersebut tidak membuat saya menyerah untuk mempelajari tentang modifikasi android dan belum membuat saya mulai belajar agar membiasakan diri untuk membuat sebuah backup-an. Hingga hal serupa berkali-kali saya alami dan akhirnya saya merasa rugi sendiri karena file-file yang hilang adalah file-file yang dikumpulkan dengan menggunakan kuota tengah malam, bukan jaringan wifi gratisan.

Sebenarnya bukan hanya itu yang membuat saya kemudian belajar membiasakan diri untuk selalu membuat sebuah backup-an ketika saya melakukan modding, tapi karena terlalu seringnya saya membaca tulisan pada setiap tutorial modding yang saya pelajari, tulisan tersebut berbunyi "Biasakan melakukan backup sebelum mencoba". Oleh sebab-sebab itulah saya kemudian mulai membiasakan diri saya.

Untuk data di laptop sendiri, saya sudah beberapa kali mengalami kehilangan data, baik itu karena ketidaksengajaan, kemalangan, dan juga karena keisengan saya bermain dengan sistem Windows. Kesalahan-kesalahan tersebut sebenarnya tidak akan saya alami jika saya tanggap, dan membuat cadangannya dari awal, tapi apa hendak dikata, semua sudah terlanjur.

Nah, mungkin yang bisa sobat pelajari dari cerita saya ini adalah jangan lupa untuk selalu membuat backup dari data-data yang sobat miliki, karena data-data tersebut ibarat umur kita. Kita tidak tahu kapan data-data tersebut akan hilang, karena apa, dan oleh siapa. Jika sobat ingin mencoba melakukan sesuatu yang sobat sendiri belum tahu apa akibatnya, sebaiknya lakukan pembuatan backup sebelum melakukan hal tersebut.

Lebih baik kehilangan waktu satu jam, daripada kehilangan data dalam satu hardisk hehehe.... Sampai jumpa lagi...


EmoticonEmoticon