Monday, March 31, 2014

Berani Mencoba, Berani Menerima Resiko

Berani Mencoba, Berani Menerima Resiko
Tidak ada satu pekerjaan apapun yang tidak memiliki resiko. Itulah pernyataan yang sering saya dengar ketika seseorang mencoba menasehati orang lain yang sedang mengalami masalah dalam pekerjaan yang ia lakukan. Resiko-resiko tersebut tidak bisa kita hilangkan, namun dapat kita hindari. Hanya saja dibutuhkan sedikit pengalaman, pengetahuan, dan dan kecakapan dalam memperkecil kemungkinan resiko-resiko tersebut kita alami.

Ini adalah kedua kalinya data-data saya di laptop yang saya miliki saat ini hilang. Beruntung kehilangan data yang terjadi kali ini tidak separah yang pernah saya alami sebelumnya. Saya mengetahui data-data saya hilang ketika saya membuka laptop saya kembali setelah sebelumnya saya melakukan sesuatu terhadap ruang kosong yang tidak terpakai sebagai tempat penyimpanan di laptop saya ini.

Sama seperti kejadian sebelumnya, saya kehilangan beberapa data yang saya miliki tanpa sebab yang jelas, padahal sebelumnya semua data-data tersebut masih ada. Saya mencoba mengingat apa yang saya lakukan sebelumnya terhadap laptop saya ini, tak lama kemudian baru saya sadar bahwa saya sebelumnya sempat melakukan merger partisi. Saya tidak tahu kalau ternyata itu memiliki sebuah resiko yang cukup berbahaya, terutama untuk data-data saya.

Alhamdulillah tidak ada data-data penting yang hilang, semua data-data kuliah masih berada di tempat yang benar. Hanya saja data-data yang lain seperti musik, foto, aplikasi, dan lain-lain hanya tinggal foldernya saja, sedangkan isi di dalamnya sudah tidak ada lagi. Mungkin itulah resiko yang harus saya alami, dan saya juga harus mengambil pelajaran berharga dari kejadian ini.

1 komentar so far

nggak di back up pakai external bro? mudah2n aman selalu ya...
salam
kite orang pontianak gak...


EmoticonEmoticon