Friday, November 22, 2013

Tips Mengurangi Gangguan Pada Komputer

masalahkomputer
Hai sobat, senang rasanya bisa kembali menyapa sobat melalui blog yang sederhana ini. Kali ini Softrickinfo akab berbagi beberapa tips sederhana yang mungkin saja bisa bermanfaat untuk mengurangi gangguan yang biasa terjadi pada komputer sobat, seperti banyaknya program-program yang muncul secara tiba-tiba ketika komputer baru saja dinyalakan dan banyaknya toolbar-toolbar yang tidak sobat butuhkan bermunculan di setiap browser yang sobat gunakan. Jika sobat mengalami hal-hal seperti itu, coba lakukan beberapa tips berikut ini.


Hapus/Uninstall Aplikasi/Software Yang Tidak Diperlukan

Memiliki berbagai macam aplikasi di dalam komputer itu baik, namun memiliki banyak aplikasi yang terinstall di komputer namun jarang bahkan tidak pernah digunakan itu kurang baik. Kenapa? Salah satu alasannya adalah hal tersebut hanya akan mengurangi ruang kosong yang ada di komputer sobat dan hanya akan memperlambat kinerja komputer sobat ketika sobat menginstall sebuah software yang menurut sobat sangat berguna sedangkan software lama yang sudah tidak sobat gunakan lagi masih terisntall di komputer sobat.

Cara ini mungkin terlihat sepele atau tidak bermanfaat, tapi bagi sobat yang masih menggunakan notebook atau laptop dengan kemampuan yang masih standar, cara ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa membantu sobat keluar dari masalah kinerja notebook atau laptop sobat yang tidak sesuai dengan keinginan sobat.

Hapus Data Yang Sudah Tidak Penting

Seiring berjalannya waktu, semua ruang kosong yang ada pada hardisk yang sobat gunakan akan terisi. Hal tersebut biasanya berpengaruh pada kinerja komputer yang sobat gunakan. Untuk mengatasinya, sobat bisa melakukan penghapusan pada file-file atau data-data yang sudah tidak sobat perlukan lagi, seperti file-file kembar, software-software lama yang sudah sobat miliki versi barunya, temporary file dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan menghapus file-file atau data-data yang sudah tidak terpakai tersebut sobat akan mendapatkan setidaknya sedikit ruang kosong pada hardisk yang kemudian bisa sobat gunakan untuk menyimpan file-file penting sobat yang lain.

Lakukan Defragment

Proses menambah dan menghapus data pada hardisk biasanya akan menyebabkan terjadinya fragmen pada hardisk yang kita miliki, dan hal tersebut akan berdampak pada kinerja hardisk kita yang akan terasa ketika kita melakukan proses pemindahan data. Untuk mengatasi hal tersebut yang perlu sobat lakukan adalah melakukan proses defragment pada hardisk yang sobat gunakan.

Lakukan Full Scanning Malware

Tidak semua file yang masuk ke dalam hardisk kita bisa dikatakan aman, terkadang ada saja file-file yang ternyata mengandung virus yang cukup berbahaya bagi komputer yang kita miliki. Untuk mengatasi masalah tersebut, yang harus sobat lakukan adalah melakukan full scan terhadap data-data yang sobat miliki secara rutin, misalnya satu bulan sekali atau dua bulan sekali. Sebelum melakukan full scan malware menggunakan antivirus yang sobat gunakan, pastikan terlebih dahulu bahwa antivirus tersebut dalam keadaan sudah up to date atau sudah mengalami pembaharuan.

Menata Ulang File Dan Folder

Menata file dan folder yang ada di  komputer sobat mungkin tidak terlalu penting, namun ini sangat membantu ketika sobat ingin mencari file-file yang sobat butuhkan. Selain mempermudah kita dalam menemukan file yang kita inginkan, cara ini juga bermanfaat untuk mengurangi kekacauan pada komputer yang sobat gunakan akibat file yang bertebaran dimana-mana.

Kelompokkanlah file-file yang sobat miliki sesuai dengan jenis dan kegunaannya, misalnya musik di kelompokkan dalam folder musik, software dalam folder software, film dalam folder film, dan begitu seterusnya. Sehingga data-data yang sobat miliki terlihat rapi dan mudah untuk ditemukan.

Nah, mungkin itu saja dulu beberapa tips yang bisa Softrickinfo bagikan pada kesempatan kali ini. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang salah pada tulsan ini silahkan tinggal komentar pada kotak komentar yang sudah disediakan.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon