Friday, November 8, 2013

Inilah Kota Pontianak Di 242

242kotapontianak
Pontianak, kata itu merupakan sebuah nama kota di Kalimantan Barat (Kalbar) yang saat ini telah berusia 242 tahun. Selain merupakan sebuah kota, Pontianak juga dikenal sebagai Ibukota provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Kota Pontianak memiliki beberapa nama julukan, seperti Kota Khatulistiwa, Kota bersinar, dan terakhir yang Softrickinfo ketahui Kota Pontianak juga sempat dijuluki sebagai Kota anak.

Berbicara tentang usia Kota Pontianak yang saat ini sudah menginjak 242 dan beberapa waktu yang lalu sudah merayakan hari jadinya tersebut, tentu sebagian dari kita akan berfikir, apa sih potensi-potensi yang ada di Kota Pontianak saat ini? Atau apa sih kemajuan-kemajuan yang dialami oleh Kota Pontianak saat ini? Yap, mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut yang ada di benak sobat saat ini, mengingat usia Kota Pontianak yang sudah sampai 200-an ini.

Baiklah, Softrickinfo akan mencoba membahas jawaban dari dua pertanyaan tadi satu persatu. Pertama, tentang potensi-potensi apa saja yang ada di Kota Pontianak saat ini. Menurut yang Softrickinfo amati, banyak sekali potensi-potensi yang ada di Kota Pontianak saat ini yang bisa semakin mengharumkan nama Kota Pontianak untuk kedepannya nanti.

Di bidang usaha misalnya, saat ini sudah banyak warga Kota Pontianak yang memulai usahanya melalui media-media online, seperti berjualan barang dan jasa melalui blog dan jejaring sosial yang mereka miliki. Di bidang pendidikan, Softrickinfo sempat menemukan beberapa guru dari beberapa sekolah yang sudah cukup ternama di Kota Pontianak ini yang membuat blog atau website pribadi dan mereka isi dengan materi-materi pelajaran yang mereka kuasai dengan tujuan agar para murid mereka bisa dengan mudah mempelajari apa yang mereka ajarkan.

Baiklah, saya rasa dua contoh tersebut sudah cukup untuk mewakili apa-apa saja potensi-potensi yang ada di Kota Pontianak saat ini. Kita beralih ke pertanyaan kedua yaitu tentang kemjuan-kemajuan apa saja yang sudah dialami oleh Kota Pontianak saat ini.

Jika kita amati di beberapa tempat di Kota Pontianak ini, di Kota Pontianak terlihat sedang gencar-gencarnya dilakukan pembangunan dan penataan kota. Pembangunan yang sedang dilakukan di Kota Pontianak adalah pembangunan Pasar Flamboyan yang sepertinya tidak lama lagi sudah siap untuk ditempati oleh para pedagang yang saat ini masih dialihkan ke Pasar Flamboyan (sementara) di Jalan Veteran.

Sedangkan dalam hal pembangunan tata kota, bukti nyatanya kita bisa lihat adanya air mancur menari di alun-alun Kapuas (Korem) dan renovasi Tugu Digulis yang berada tepat di bundrana Untan (Universitas Tanjungpura) yang juga dihiasi dengan air terjun dan lampu berwarna-warni.


Nah, mungkin segitu saja yang bisa Softrickinfo kabarkan dan gambarkan tentang keadaan Kota Pontianak di usianya yang ke 242 ini, semoga dapat dihamai dan menjadi sebuah informasi bagi sobat semuanya. Walaupun agak sedikit terlambat, tapi Softrickinfo tetap ingin mengucapkan SELAMAT ULANG TAHUN untuk Kota Pontianak yang ke-242, semoga kedepan bisa semakin maju, semakin sejahtera, dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, aamiin.


*) Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog Pontianak 242 dan turut didukung oleh beberapa pihak sponsor, sebagai berikut:

Bentuk sumbangsih: Uang Tunai 200 Ribu Rupiah

1. Dwi Wahyudi
2. Rohani Syawaliah
3. Bang Gusty
4. Pontianak Creative Association
5. Bang Apri

Bentuk sumbangsih: Hadiah Tambahan

1. Wedding Pontianak

Hadiah: Voucher Paket Pernikahan Senilai 200 Ribu Rupiah

2. Pontianak Post

Hadiah: Paket Bukau Dahlan Iskan dan Koleksi Eksklusif Pontianak Post

3. Bang Ahmad S. DZ

Hadiah: 3 Buah Buku "Pontianak Heritage" Yang Ditandatangani Penulisnya

4. Sang Bintang School

Hadiah: Voucher Senilai 1 Juta Rupiah untuk Paket Pendaftaran '6 Minggu Bisa"


Hadiah: Paket Hosting Gratis Selama 1 Tahun


2 komentar

Artikel ini telah dinilai oleh Dewan Juri Lomba Menulis Blog Kota Pontianak 242, nantikan pengumuman hasilnya di Borneo Exotic Cafe Bundaran SMPN 1 Pontianak pada tanggal 16 November 2013 jam 20.00 WIB. Salam blogger...

Artikel ini telah dinilai oleh Dewan Juri Lomba Menulis Blog Kota Pontianak 242, nantikan pengumuman hasilnya di Borneo Exotic Cafe Bundaran SMPN 1 Pontianak pada tanggal 16 November 2013 jam 20.00 WIB.


EmoticonEmoticon