Friday, October 11, 2013

Cara Membuat Read More Di Blog

Sebuah menu pada sebuah blog atau website yang bertuliskan "Read more" atau "Baca selengkapnya" dan yang sejenisnya merupakan sebuah tulisan kecil diakhir sebuah kilasan informasi yang terdapat pada sebuah beranda blog atau website yang berisi link atau jalan menuju halaman penuh artikel atau tulisan yang diberi tulisan tersebut.

Bagi sobat yang telah lebih dulu berada di dunia tulis-menulis online melalui blog atau website tentu sudah tidak asing lagi dengan tulisan 'read more' atau 'baca selengkapnya', dan sobat juga tentu sangat mengetahui bagaimana cara membuat tulisan seperti itu pada tulisan yang kita buat.

Pada kesempatan kali ini, Softrickinfo akan mencoba membuat sebuah tutorial "Cara Membuat Read More Di Blog" khusus bagi para pemula yang baru saja mengenal dunia tulis-menulis online atau blogging. Untuk para master yang sudah lebih ahli di bidang ini, mohon koreksiannya jika pada tutorial ini terdapat kesalahan.

Yap, sekarang kita mulai tutorial kita ini. Untuk membuat sebuah read more atau baca selengkapnya pada tulisan yang telah sobat buat di blog yang sobat miliki, yang perlu sobat lakukan adalah.

1. Masuk ke akun blogger sobat.
2. Buatlah sebuah tulisan baru.
3. Letakkan kursor sobat pada bagian dimana sobat akan membuat tulisan read more nantinya. Usahakan sobat menaruh kursor pada akhir tulisan di alenia pertama. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Pada gambar di atas, Softrickinfo meletakkan kursor pada akhir alenia pertama. Tujuannya agar read more muncul pada bagian tersebut, namun untuk beberapa template yang sudah dimodifikasi, hasilnya mungkin saja akan berbeda.

Setelah melakukan cara tersebut, silahkan klik tombol atau menu 'Insert jump berak' yang terdapat pada deretan menu di atas kotak postingan. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut ini.

insertjumpbreak
Setelah menekan tombol "Insert jump break" tersebut, maka sobat akan menemukan sebuah pembatas (potongan) berbentuk garis dibawah tulisan terakhir yang sobat letakkan kursor tadi.

insertjumpbreak2
Nah, sampai disini sebenarnya pembuatan read more secara manual pada postingan sobat sudah berhasil dibuat, hanya saja untuk memastikannya sobat harus mempublikasikan postingan sobat tersebut. Gambar berikut ini adalah contoh hasil dari read more yang dibuat secara manual. Namun karena template yang Softrickinfo gunakan saat membuat artikel ini sudah dimodifikasi, jadi hasilnya akan sedikit berbeda.

readmoreygsudahjadi
Pada gambar di atas, Softrickinfo tidak menggunakan kata "Read more" atau "Baca selengkapnya", tapi menggunakan "Selengkapnya" saja.

Semoga tutorial yang sederhana ini mudah untuk dipahami dan bisa dipraktekkan oleh sobat dengan mudah. Jika ada pertanyaan tentang tutorial ini, silahkan tinggalkan komentar. Untuk mengetahui balasan dari komentar sobat, jangan lupa klik "Notify me" sebelum mempublikasikan komentar sobat.


EmoticonEmoticon