Monday, June 24, 2013

Operator Buat Pengguna Tak Sehat

pengguna data
Internet di Indonesia sebagian besar penggunanya adalah orang-orang yang masih menggunakan layanan internet berbayar yang disediakan oleh beberapa operator GSM maupun CDMA, tapi yang paling banyak adalah pengguna layanan data GSM

Internet bukanlah sesuatu yang asing lagi saat ini, hampir semua orang mengetahui dan tahu bagaimana cara menggunakannya. Hal tersebut karena adanya dukungan dari beberapa operator layanan yang menyediakan layanan data untuk mengakses internet yang disediakan dalam berbagai macam pilihan.

Setiaop operator terutama operator GSM saling berlomba-lomba dalam menyediakan layanan data untuk mengakses internet bagi para penggunanya. Berbagai layanan data dengan ketentuan & syarat yang berlaku dimunculkan guna menarik minat para penggunanya.

Layanan yang diberikan umunya memiliki paket-paket tertentu, yang paling sering digunakan adalah paket reguler dan juga paket tengah malam (bergadang). Bedanya adalah paket reguler memiliki kuato tertentu yang bisa kita gunakan dengan pilihan harian, mingguan dan bulanan namun dibatasi dengan kuato dalam jumlah tertentu.

Paket Bergadang yaitu layanan internet tengah malam yang berlaku dari mulai pukul 00.01 hingga 06.00, ada juga yang hingga pukul 09.00. Masa berlakunya hampir sama dengan paket reguler yang membedakan hanya harga dan kuotanya saja.

Beda keduanya hanya pada harganya dan kuota saja. Harga untuk paket reguler biasanya lebih mahal daripada paket tengah malam (paket bergadang), dan paket tengah malam memiliki kuota yang lebih banyak daripada paket reguler. Yang paling di andalkan oleh para operator untuk menarik minat para penggunanya adalah paket bergadang.

Memang, jika dilihat dari segi ekonomi dan kemampuan masyarakat adanya paket bergadang tersebut memberikan sedikit kemuadahan bagi para pengguna yang ingin menikmati akses internet yang murah tapi memiliki kuota atau kapasitas data yang besar.

Namun disisi lain hal tersebut membuat para pengguna menjadi tidak sehat, karena harus bergadang di tengah malam hingga pagi hari.

Tapi apa boleh buat, itu semua adalah strategi ekonomi dan masyarakat yang menentukan pilihan mereka. Kita hanya bisa berharap para operator bisa lebih bijak dalam penyediaan layanan data mereka.


EmoticonEmoticon