Sunday, June 23, 2013

Jangan Block IDM Menggunakan Firewall

Firewall Softrickinfo
Firewall merupakan sebuah software atau fitur bawaan windows yang menyaring dan mengatur proses keluar masuknya data pada jaringan di komputer kita. Jika ada sebuah data yang dianggap membahayakan, firewall akan segera meblokir atau melarangnya untuk keluar masuk ke dalam jaringan komputer kita.

Beberapa orang biasanya lebih senang menggunakan fitur firewall untuk memblokir program yang selalu memaksa mereka untuk terkoneksi ke internet. Namun tidak semua program atau aplikasi bisa sobat block menggunakan firewall, seperti aplikasi internet download manager misalnya.

Beberapa waktu lalu Softrickinfo sempat mencoba memblokir aplikasi IDM yang Softrickinfo miliki dengan maksud agar IDM tersebut tidak mengirimkan notifikasi untuk update versi terbaru dan meng-update versinya secara otomatis menggunakan firewall.

Setelah selesai memblock IDM menggunakan firewall, Softrickinfo memang sempat tidak menggunakannya untuk mendownload selama beberapa hari. Masalahnya baru terasa ketika Softrickinfo hendak ingin mendownload beberapa file yang sudah Softrickinfo siapkan sebelumnya.

Ketika ingin mendownload dan menekan tombol "Start Download" IDM malah memunculkan pesan error dan membuka tab baru yang menyarankan Softrickinfo untuk memeriksa pengaturan pada firewall. Hal itu terjadi pada semua file yang akan Softrickinfo download.

Akhirnya Softrickinfo mencoba untuk memriksa firewall dan menghapus data block yang Softrickinfo buat sebelumnya untuk meblokir akses IDM ke internet. Setelah menghapus file block tersebut Softrickinfo kembali mencoba mendownload file yang sempat gagal untuk di download tadi dan ternyata bisa berjalan dengan lancar tanpa pesan error.

Kesimpulannya adalah jangan memblokir Internet Download Manager (IDM) menggunakan firewall, karena akan mengganggu proses kerja IDM itu sendiri


EmoticonEmoticon