Penyakit Addison Salah Satu Penyebab Terjadinya Krisis Adrenal

Post a Comment

 Apakah kamu pernah mendenagar tentang salah satu penyakit yang berkaitan dengan masalah kelenjar adrenal dalam tubuh? Jika mendegar penyakit ini pasti seringkali dokter mengaitkannya dengan salah satu jenis penyakit langka, yakni penyakit Addison atau yang dikenal juga sebagai penyakit kelainan langka dimana tubuh tidak dapat memproduksi hormon dengan sendirinya.

Penyakit Addison

Masalah adrenal sendiri juag merupakan gangguan kesehatan yang biasanya menyerang bagian kelenjar adrenal dalam tubuh. Biasanya penyebab terjadinya penyakit ini bisa karena penyakit turunan atau bawaan.

penyakit addison

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit addison ini juga terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon ataupun ada gangguan tumor di bagian tersebut. Tubuh kita memiliki sepasang kelenjar adrenal yang keduanya memiliki fungsi untuk mengeluarkan hormon yang berguna untuk tubuh kita.

Di dalam kelenjar tersebut ada dua bagian utama yang menghasilkan hormon, yakni bagian medulla yang biasa menghasilkan hormon adrenal. Dan yang kedua adalah bagian kortek yang biasa menghasilkan hormon kortikosteroid yang berguna untuk menyeimbangkan zat – zat dalam tubuh.

Biasanya masalah kelenjar adrenal ini terjadi dikarenakan ada beberapa faktor, namun faktor yang paling umum adalah sebagai berikut:

Sindrom Cushing

Sindrom yang satu ini merupakan gangguan adrenal yang terjadi karena menginkatnya jumlah kortisol dalam darah. Biasanya sindrom ini sering terjadi pada pasien yang mengalami gangguan glukokortisteroid, yang biasa diperlukan untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Penyakit Addison

Penyakit Addison, Penyakit satu ini merupakan penyakit langka yang hanya mengidap 1 dari 100 ribu orang yang ada di dunia. Biasanya orang yang mengalami penyakit ini akan mengalami kesulitan untuk memproduksi hormon kortisol dan juga aldoteron secara sendirinya.

Biasanya untuk memenuhi kebutuhan hormon tersebut pengidap penyakit ini akan diberikan obat hormon.

Sejauh ini belum dikaethui pasti tentang penyebab penyakit yang satu ini, hanya saja beberapa kondisi yang semakin memperkuat timbulnya penyakit ini adalah kondisi autoimun karena biasanya kekebalan tubuhnya sendiri justru menyerang hormon yang dihasilkan.

Hiperplasia Adrenal Kongenital

Ini adalah istilah untuk seseorang yang mengalami masalah kelenjar adrenal yang disebabkan karena adanya penyakit bawaan. Biasanya orang yang memiliki kelainan penyakit bawaan ini akan kesulitan untuk memproduksi hormon bagi tubuhnya sendiri.

Kanker Adrenal

Penyakit ini menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah di bagian kelenjar adrenal. Biasanya pertumbuhan sel kanker yang mencapai kelenjar adrenal akan mengganggu produksi hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal.

Akibatnya kerja dan fungsi dan kelenjar adrenalpun  menjadi terganggu. Penyebab utama terjadinya penyakit ini karena pola hidup yang tidak sehat.

Cara Mengatasi Penyakit Addison

Lantas apa yang harus dilakukan jika anda mengidap penyakit tersebut ? Yang terbaik yang harus dilakukan adalah melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui seberapa paah kondisinya.

Karena masalah yang terjadi pada kelenjar adrenal ini biasanta berhubungan dengan hormon, maka sebaiknya kamu melakukan konsultasi lanjutan dengan ahli endokrin.

Selanjutnya kamu akan menjalani serangkaian tes dari mulai tes fisik, tes darah, dan juga tes hormon. Dari hasil tes tersebut nantinya akan diketahui sudah sejauh apa kondisi yang kamu alami. Selain itu juga dari hasil tersebut kita bisa mengetahui apakah penyakit tersebut mengalami komplikasi atau tidak.

Terakhir setelah mengetahui seberapa jauh kondisinya, maka kamu akan diberikan pengobatan sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi tingkat kesehatanmu. Biasanya obat hormon akan diberikan pada rata-rata pasien yang mengidap permasalahan pada bagian kelenjar adrenalnya.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment