Pengalaman Belajar Full Stack Developer di Bootcamp Hacktiv8

Post a Comment

Melihat perkembangan saat ini, bukan hanya pelajar dan mahasiswa yang melakukan belajar dari rumah. Banyak orang dewasa khususnya mereka yang sedang mencari pekerjaan, turut melakukan study from home sesuai minat dan kebutuhan kerja yang mereka geluti.

Selama pandemi banyak sekali kelas online yang bisa diikuti. Mulai dari kelas gratis hingga berbayar. Media pembelajarannya pun dapat disesuaikan, baik melalui WhatsApp, Zoom Meeting, Google Meet hingga bootcamp.

Setahun terakhir saya juga aktif mengikuti berbagai kesempatan belajar yang diadakan secara online. Selain untuk mengisi waktu luang dan memperluas pertemanan, kelas yang diikuti juga saya sesuaikan dengan pekerjaan di bidang IT dan penulisan.

Ikut Bootcamp Hacktiv8

bootcamp hactiv8

Salah satu pembelajaran online yang baru saja saya ikuti adalah bootcamp Hacktiv8. Tentunya sangat senang sekali berkesempatan belajar programming untuk pemula di Hactiv8.

Kamu yang memiliki ketertarikan dengan bidang programming tentu sudah tidak asing dengan Hacktiv8. Sebuah sekolah coding yang sangat terkenal di Indonesia.

Seperti yang tertulis di website resminya, melalui sekolah coding yang diadakan, Hacktiv8 mampu menjadikan para pemula sebagai digital talent terbaik yang siap bekerja.

Hacktiv8 juga merupakan penyelenggara coding bootcamp terbaik yag terdaftar di CIRR (Council On Integrity In Result Reporting). Sebuah standar yang dikembangkan oleh sekelompok sekolah coding.

Dengan standar tersebut maka penyedia layanan belajar coding harus memberikan hasil belajar kepada siswa. Karena itu adalah hal yang penting.

Itu semua benar-benar bisa dirasakan ketika mengikuti bootcamp Hacktiv8.

Pengalaman Belajar Full-Stack Developer di Hacktiv8

Interaktif. Mungkin itu kesan pertama yang bisa digambarkan. Karena umumnya kelas online seperti ini cenderung monoton, satu arah dan terkesan membosankan.

sekolah coding

Belum lagi kita tidak bisa mendapatkan file pembelajaran jika sudah tidak mengikuti kelas atau keluar dari platform tersebut.

Dengan pengembangan yang dilakukan oleh Hacktiv8, semua masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah.

Proses belajar dilakukan melalui aplikasi Zoom. Semua student (peserta) diharuskan menyalakan kamera saat kelas berlangsung. Semua pembahasan di tiap pertemuan akan direkam dan nantinya dibagikan kepada student.

Hacktiv8 juga membuka komunikasi melalui Discord. Tidak hanya untuk berbagi informasi seputar pembelajaran, lewat aplikasi tersebut student juga bisa berdiskusi serta bertanya langsung pada instruktur.

Meski begitu, tetap ada beberapa aturan main yang perlu diperhatikan. Seperti absensi dan alur pengerjaan tugas. Hacktiv8 memiliki sistem tersendiri untuk urusan absensi, begitu pula dengan menilai setiap tugas yang dikerjakan oleh para student.

Layaknya belajar di sekolah, student yang tidak memenuhi absensi atau ketahuan menyontek ketika mengerjakan tugas, akan mendapatkan sanksi yang sudah disepakati sejak kelas dimulai.

Sebagai contoh, student yang beberapa kali tidak merespon ketika dipanggil dalam kelas, akan dihitung tidak hadir. Jika dalam 5 kali berturut-turut tidak hadir, maka student tersebut dianggap mengundurkan diri.

Begitu juga ketika student terindikasi mencontek saat mengikuti Live Code (ujian). Siswa tersebut akan diminta untuk menjelaskan setiap teknik yang dilakukan dalam ujiannya.

review hacktiv8

Jika dia benar-benar melakukan hal tersebut, maka Hacktiv8 akan memberikan teguran.

Itu menjadikan Hacktiv8 sebagai coding bootcamp terbaik di Indonesia. Tidak heran jika banyak yang merekomendasikan dan ingin belajar di sana. Karena benar-benar membuat belajar programming untuk pemula jadi lebih mudah.

Kamu juga bisa melihat review Hacktiv8 dari pengalaman student yang sudah berhasil menjadi programmer setelah mengikuti bootcamp hacktiv8.

Perasaan Ketika Mengikuti Kursus Full Stack Developer

Bisa dibilang ini pengalaman pertama mengikuti kursus full stack developer secara intensif. Biasanya hanya lewat video Youtube berdasarkan tutorial yang ingin dipelajari. Jadinya tidak terstruktur dari awal.

Sementara ketika mengikuti kursus Full Stack Developer di Hacktiv8, kita diberikan kurikulum pembelajaran yang lengkap dan runut dari awal hingga akhir.

Karena tidak memiliki basic sebagai programmer yang memahami bahasa pemograman tertentu, ada perasaan khawatir tidak bisa mengikuti kelas dengan baik. Namun setelah beberapa pertemuan, perasaan itu mulai hilang.

Karena instruktur di Hacktiv8 mengerti kondisi student yang baru mulai belajar. Kita juga diberikan sesi konseling bersama Engineering Emphaty (EE). Kita bisa bercerita tentang kendala yang dihadapi dan akan diberikan solusi terbaik oleh konselor.

Pembelajaran yang interaktif juga menambah semangat karena kita tidak merasa sendirian. Kita bisa saling berkomunikasi dengan student lain dan mengajukan pertanyaan kepada instruktur.

belajar programming untul pemula

Setelah mengikuti semua rangkaian bootcamp Hactiv8, saya merasa memiliki semangat dan harapan untuk terus belajar dan mengembangkan diri sebagai programmer.

Apalagi saat ini programmer yang bisa menguasai Full Stack Developer sangat dibutuhkan. Maka dari itu materi yang diajakan melalui sekolah coding Hactiv8 akan sangat berguna nantinya.

Salah satu kunci belajar di Hactiv8 adalah sungguh-sungguh. Karena orang yang belajar dengan gigih akan berhasil mengikuti bootcamp Hactiv8 hingga akhir. Mereka juga berkesempatan diajari langsung oleh instruktur yang profesional. Juga memiliki peluang lebih untuk berkarir di bidang teknologi.

Setelah melihat review Hactiv8 di berbagai platform serta membuktikannya langsung, semakin tertarik untuk belajar coding lagi dengan para instrukturnya yang ramah, sabar dan pengertian.

Karena mereka mengerti bagaimana berhadapan dengan para newbie yang tidak mengerti bahasa pemograman sama sekali.

Bukti lainnya adalah Hactiv8 juga memiliki kelas coding khusus anak-anak.

Meski anak-anak masih sangat mudah untuk menyerap pengetahuan baru, tapi tentu butuh treatment khusus ketika mengajari mereka memahami tiap baris kode. Membuat coding terasa lebih menyenangkan bagi mereka.

Jika kamu merasa sulit mengikuti bootcamp di Hactiv8 karena alasan biaya, ada banyak solusi yang bisa dicoba dan disediakan oleh Hactiv8.

Kamu bisa melakukan pembayaran dengan sistem ISA (Income Share Agreement), secara kredit melalui mitra Hactiv8 dan juga melalui program Prakerja yang disediakan oleh pemerintah.

Jadi sudah sangat mudah untuk bisa menjadi student di Hactiv8. Kamu hanya perlu fokus, menyediakan waktu luang dan sungguh-sungguh mengikuti kelas yang telah dipilih.

Adanya review Hacktiv8 ini juga bertujuan membantumu menentukan pilihan.

Selamat menentukan pilihan dan masa depan.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment