Thursday, August 8, 2019

Merencanakan Perjalanan ke Surabaya, Begini Persiapan Saya

Beberapa bulan lalu rencana ke Surabaya jadi pembicaraan yang menarik antara saya dan teman-teman di Pontianak. Sejak bergabung dengan 4 SEO Pontianak, dan sekarang bekerja sebagai web content editor salah satu agensi di Jakarta, ada banyak tawaran untuk bertemu dengan teman-teman sesama blogger di sejumlah daerah, tidak terkecuali Surabaya.

wisata-pantai-di-surabaya
Pantai Ria Kenjeran via instagram.com/nike.obek

Biasanya kami hanya saling sapa secara online melalui grup WhatsApp di mana kami saling berbagi ilmu dan pengalaman tentang blog.

Sebelumnya seorang teman sudah sempat ke Suarabaya lebih dulu dan menceritakan pengalamannya selama beberapa hari di sana. Dari situ mulai sering muncul ajakan untuk ikut ke Surabaya juga.

Apalagi dalam waktu dekat ini teman saya itu memang berencana untuk ke Surabaya lagi. Bahkan dalam rencana perjalanan kali ini bukan sekedar liburan, tapi juga ada sejumlah agenda lain yang sudah dipersiapkan sejak lama.

Merencanakan Perjalanan ke Surabaya


Teringat dengan ajakan sebelumnya, saya juga mulai mempersiapkan perjalanan ke Surabaya. Sebab teman saya juga bilang, kalau saya ingin ikut, cukup menyiapkan tiket saja. Baiklah, ajakan ini semakin menarik.

Cek Harga Tiket ke Surabaya


Sebelum memikirkan yang lainnya, terutama soal penginapan dan makan selama di sana, hal pertama yang saya lakukan adalah riset atau cek harga tiket pesawat Pontianak – Surabaya. Walau kabarnya harga tiket sudah turun, tidak ada salahnya kan melihat-lihat harga tiket lebih dulu. Menyesuaikan dengan budget yang disiapkan.

Mencari Hotel Murah di Surabaya


Setelah tiket pesawat yang perkiraan harganya sesuai tabungan sudah ketemu, tentu saja saya harus mencari penginapan murah di Surabaya. Sebab, saya belum pernah ke Surabaya sebelumnya dan saya tidak punya kenalan dekat atau saudara di sana. Jadilah mencari penginapan atau hotel saja.

hotel-di-surabaya
Pilihan hotel di surabaya

Untuk urusan satu ini saya menggunakan bantuan aplikasi PegiPegi dan langsung mencari hotel di Surabaya lewat aplikasi tersebut. Tidak sulit untuk menemukan hotel yang harganya ramah di kantong lewat aplikasi ini, sebab kita bisa menggunakan fitur filter yang bisa ditentukan mulai dari harga, jenis kamar, dan fasilitas yang kita butuhkan.

Mencari Kuliner Khas Surabaya


Walau bukan orang yang terlalu suka makan dan juga bukan food blogger, tapi kalau sudah datang ke sebuah tempat, apalagi kalau itu pertama kalinya kita ke sana, pasti kita akan penasaran dengan kuliner khas daerah tersebut. Di samping kita juga berusaha menemukan makanan atau minuman yang kita suka.

Tak butuh waktu lama untuk bisa mencari kuliner khas Surabaya. Ada banyak sekali web travel dan teman-teman blogger yang membahas tentang ini. Mulai dari makanan khas yang harus dicicipi kalau ke Surabaya, warung makan legendaris, sampai ke makanan yang paling banyak dicoba oleh food blogger/vlogger hits tanah air.

Tinggal sesuaikan saja dengan selera dan tentu saja kondisi keuangan yang sudah disiapkan untuk mencicipi semua kuliner yang ada di Surabaya.

Menyiapkan Segala Kebutuhan Selama di Surabaya


Karena perjalanan ini bukan sekedar jalan-jalan biasa dan sudah ada sejumlah kegiatan yang nantinya akan diadakan di sana, maka berbagai persiapan lain juga harus saya persiapkan. Pakaian dan berbagai alat kerja tidak boleh sampai ada yang ketinggalan.

Ya, mungkin itu saja persiapan singkat saya yang sangat santai dalam mempersiapkan perjalanan ke Surabaya. Doakan saja sehat terus sampai tujuan dan sampai pulang lagi ke Pontianak.

Teman-teman juga rekomendasikan apa saja yang menarik di Surabaya, entah wisata malam atau mungkin oleh-oleh khas Surabaya. Boleh tulis di kolom komentar.


EmoticonEmoticon