Saturday, October 8, 2016

Booking Tiket Pesawat Online, Ada Plus Minusnya

SOFTRICKINFO.COM – Harus di akui, teknologi memang membawa perubahan yang cukup drastis di era sekarang ini. Baik untuk hal-hal yang berbau informasi, kehidupan sosial, maupun bisnis. Di era digital ini dengan akses internet yang begitu luas, kita memang lebih mudah dalam mendapatkan informasi-informasi terbaru, berkomunikasi, hingga membuat bisnis sendiri.
Booking Tiket Pesawat Online, Ada Plus Minusnya
Pesan tiket yuk! via edreamhotels.com
Dengan adanya dunia maya, kini semua orang bisa memulai bisnis yang berbasis online. Bisnis ini pun bisa dilakukan oleh siapa saja, baik itu secara perorangan maupun skala perusahaan. Bisnis yang dapat dilakukan pun kian beragam, dari mulai pakaian, makanan, kosmetik, perlatan elektronik, hingga berbagai biro jasa seperti travel agent dan lain sebagainya.

Jika dulu untuk memesan tiket pesawat sebuah maskapai misalnya Lion Air, kamu harus terlebih dulu mencari agen lion air yang resmi. Agen Lion Air Jakarta adalah salah satu yang bisa kamu kunjungi jika kamu tinggal di daerah Jakarta. Untuk memesan tiket dari agen resmi ini secara langsung, tentu kita akan membutuhkan waktu khusus ya.

Dengan adanya travel agent berbasis online, tentu sangat memudahkan kamu sebagai pelanggan dalam menghemat waktu. Terlebih lagi jika kamu memiliki aktifitas yang cukup padat. Menghemat waktu merupakan salah satu kelebihan jika kita memesan tiket pesawat secara online, dibanding secara langsung. Namun sesuatu itu pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan ya guys. 

Nah, untuk itu melalui artikel ini Softrickinfo akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan memesan tiket pesawat secara online. Yuk simak.

Keuntungan Memesan Tiket Secara Online

#1 Dimana saja dan kapan saja

Karena bisa diakses secara online, maka kamu dapat mengakses situs ataupun aplikasi ini dimana aja dan kapan aja. Tanpa terbatas hari libur dan tanpa ada kata tutup. Kamu bisa mengakses online travel agent ini baik melalui smartphone, maupun melalui laptop/komputer, yang penting terhubung denga internet ya.

#2 Hemat Biaya

Karena dapat diakses dimana saja dan kapan saja, selain menghemat waktu, memesan tiket secara online juga bisa menghemat biaya loh. Contohnya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk bahan bakar menuju agen penjual tiket, tidak perlu bayar parkir, apalagi bayar jasa calo jika kamu orang yang cukup sibuk. Situs dan aplikasi online travel agent ini pun dapat kamu akses secara gratis. Jadi bisa hemat biaya kan.

#3 Banyak Pilihan

Dengan adanya situs pemesanan tiket pesawat melalui travel agent, tentu kamu bisa membandingkan harga maskapai satu dengan maskapai yang lainnya ya guys. Namun bukan hanya antara satu maskapai dengan maskapai lain aja nih ternyata, tapi kamu juga bisa membandingkan antara online travel agent satu dengan travel agent lainnya loh.

Jadi sekarang kamu sudah bisa membandingkan harga penerbangan di jam yang sama dan maskapai yang sama, dengan harga berbeda.

#4 Dapat Promo Khusus

Biasanya dengan memesan tiket pesawat secara online, kamu akan sering menemukan promo khusus, baik melalui situs resmi maskapainya langsung ataupun melalui online travel agent yang kamu gunakan. Umumnya maskapai mengadakan promo di 3 periode promo, yaitu ketika menjelang lebaran, liburan akhir tahun, dan ulang tahun maskapai itu sendiri.

Jika kamu ingin agar tidak ketinggalan informasi mengenai promo-promo tertentu, sobat juga bisa berlangganan newletter. Cukup dengan memasukkan email, kemudian kamu akan mendapat informasi mengenai promo menarik yang akan berlangsung. 

#5 Pembayaran Lebih Fleksibel

Karena transaksi dilakukan tidak secara langsung, maka kamu pun tidak perlu melakukan pembayaran secara tunai, kamu dapat membayarnya melalui ATM, kartu kredit atau yang lebih praktis lagi menggunakan e-banking.

Cukup banyak kan keuntungan yang akan kamu dapat jika memesan tiket pesawat secara online. Namun banyaknya kelebihan, tak terlepas dari kekurangan yang mungkin juga terdapat pada cara ini.

Kekurangan Memesan Tiket Secara Online

#1 Koneksi Internet Harus Baik

Melakukan pemesanan secara online harus di dukung dengan adanya koneksi internet yang baik. Jika tidak, maka pemesanan bisa saja gagal atau terdapat beberapa kekeliruan yang mungkin akan berakibat fatal.

#2 Tiket Tidak Bisa di Limpahkan Kepada Orang Lain

Melakukan pemesanan secara online umumnya akan sulit jika kamu ingin melimpahkan tiket tersebut ke orang lain saat kamu tidak jadi melakukan penerbangan. Karena data yang terdapat di boarding pass dan di KTP haruslah orang yang sama.

#3 Refund tidak 100%

Jika kamu tidak jadi melakukan penerbangan, kamu bisa saja meminta refund dengan mendatangi agen resminya. Namun kemungkinan refundnya tidak akan 100%, terlebih jika ada promo khusus maka maskapai pada umumnya membuat ketentuan bahwa tiket tidak dapat di refund.

Meskipun terdapat kekurangan, tapi tetap ya lebih banyak kelebihannya. Jadi, jangan takut untuk memesan tiket secara online, yang pasti jangan mudah tergiur dengan harga yang terlalu murah. Gunakanlah maskapai yang sudah terpercaya. Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon