Wednesday, April 6, 2016

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Terbaru

SOFTRICKINFO.COM – Smartphone saat ini bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan bagi para penggunanya. Melihat hal tersebut para produsen smartphone pun semakin berlomba-lomba dalam meluncurkan smartphone terbaru mereka, sehingga jumlah ponsel pintar di pasaran semakin beragam. Tiap tahun, deretan smartphone terbaru berdatangan. Berbagai macam OS, model dan merk, hadir dengan banyak fitur dan spesifikasi yang sangat menggoda.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Terbaru

Banyaknya smartphone yang terus bermunculan membuat banyak banyak orang yang kebingungan jika mau membeli smartphone. Untuk memilih satu dari beragam pilihan smartphone terbaru tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kamu tidak merasa kebingungan untuk menentukan pilihan:

Tentukan smartphone apa yang kamu inginkan

Sebelum memutuskan untuk pergi ke took handphoen dan membeli sebuah perangkat bar, tentunya kita sudah memiliki rencana akan membeli smartphone apa nantinya. Jika kamu belum mengetahui ponsel pintar yang seperti apa yang mau kamu beli, cobalah untuk melakukan riset sederhana tentang smartphone yang akan dibeli, sesuaikan dengan kebutuhanmu saat ini. Kamu juga harus tahu fitur-fitur apa yang nantinya diperlukan, terpenting adalah menyesuaikan harga dengan budget yang kamu siapkan.

Jika sudah mendapat sebuah smartphone yang menurutmu cocok, cobalah untuk membandingkan ponsel tersebut dengan beberapa merk lainnya yang memiliki fitur serupa. Beberapa situs penyedia informasi seputar handphone biasanya menyediakan fitur yang memungkinkan kita untuk melakukan perbandingan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu memilih merk yang berkualitas dan memiliki service center jelas untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu di kemudian hari.

Perhatikan ukuran layar

Saat ini banyak tersedia smartphone dengan ukuran layar yang bervariasi, mulai dari 3-5 inch. Pastikan untuk memilih yang sesuai kebutuhan dan nyaman dibaca. Smartphone dengan ukuran kecil sangat praktis dibawa-bawa atau bisa masuk dalam kantong, dan bagi peminat game dan browsing tentu lebih mudah menggunakan smartphone dengan layar yang lebih besar

Memilih Prosesor, OS, dan RAM

Ada banyak smartphone yang sudah dibekali dengan sistem operasi atau OS yang berbeda-beda. Mulai dari Android, Windows Phone, iOS, Blackberry, Symbian dan lain-lain. Pastikan prosesor yang ada seimbang dengan OS dan RAM yang dimiliki oleh gadget pilihanmu, sehingga dapat memberikan performa yang lancar dan tidak lelet.

Perhatikan Kapasitas Penyimpanan Data

Selain poin di atas, pastikan pula kamu memilih smartphone yang memiliki kapasitas penyimapanan data yang cukup. Saat ini penyimpanan data bisa menggunakan memori external kecuali untuk smartphone keluaran Apple dan beberapa seri terbaru dari vendor lain yang memang tidak menyediakan fasilitas external memori.

Kamera

Bagi yang kamu suka selfie dan membutuhkan kamera yang bagus, sebaiknya memilih smartphone dengan yang memiliki kamera berkemampuan tinggi, fitur kamera depan yang bagus, LED flash yang baik dan pilihan mode kamera tertentu lainnya.

Kapasitas Baterai

Pilihlah smartphone dengan kapasitas dan daya tahan baterai yang lama minimal 1500-3000 mAh. Smartphone dengan kapasitas yang tinggi, layar lebar dan penggunaan terus menerus seharian memerlukan sumber tenaga baterai yang cukup. Jangan hanya mengandalkan power bank menggunakan charger terlalu sering karena bisa merusak baterai dan tidak praktis.

Beli Smartphone di Toko yang Terpercaya

Belilah smartphone di tempat yang jelas dan terpercaya yang memiliki layanan purna jual yang fleksibel. Jangan mudah tertipu dengan harga murah, barang tiruan/super copy, Smartphone baru rekondisi, dan lain-lain.

Itulah sedikit ulasan sederhana mengenai hal apa saja yang wajib di ketahui sebelum membeli smartphone terbaru. Semoga pemabahasan tersebut dapat bermanfaat bagi sobat yang mungkin kebetulan sedang ingin membeli smartphone.


EmoticonEmoticon