Wednesday, February 17, 2016

Alasan Pelajar Memiliki Blog

SOFTRICKINFO.COM – Keberadaan sosial media saat ini sangat memberikan manfaat yang luar biasa bagi para pengggunanya. Munculnya berbagai sosial media membantu para pengguna dunia maya untuk bertukar informasi satu sama lain, menyebarkan sebuah informasi dengan sangat cepat, dan bahkan dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui pendapatan yang bisa dihasilakan melalui media jejaring sosial.
Alasan Pelajar Memiliki Blog
Yuk ngeblog bareng via www.bairuindra.com
Selain Facebook, Twitter, Path dan juga Instagram, ada beberapa media online lainnya yang sangat popular saat ini, salah satunya adalah blog. Beberapa tahun belakangan dikabarkan penggunaan blog mengalami kemajuan dan juga mulai diperhitungkan. Tak hanya dijadikan sebagai catatan pribadi atau untuk sekedar berbagi informasi, blog kini juga sudah banyak digunakan oleh para pelajar untuk mengerjakan tugas-tugas mereka dan bahkan ada beberapa orang yang menggunakannya untuk keperluan bisnis.

Beberapa waktu lalu Softrickinfo sempat diceritakan oleh seorang dosen tentang seorang pelajar yang berhasil meraup keuntungan melalui blog yang ia miliki. Dalam blognya ia berbagai informasi seputar mata pelajaran yang ada di sekolahnya, ia kemudian menyediakan layanan pembelian password yang mana password tersebut dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengakases konten pelajaran yang ingin mereka cari dan dijadikan bahan untuk belajar. Begitulah caranya mendapatkan uang dari sebuah blog.

Softrickinfo sering mendapat pertanyaan apakah bisa mendapatkan uang dari blog? Silahkan berikan jawaban terbaikmu untuk pertanyaan yang satu ini.

Di kesempatan kali ini kita tidak membahas bagaimana caranya mendapatkan uang dari blog seperti yang dilakukan oleh pelajar tadi, tapi kali ini kita akan mencari tahu apa saja yang menjadi alasan para pelajar memiliki sebuah blog.

Softrickinfo mengira berikut ini adalah beberapa alasan pelajar memiliki blog:

Sebagai Buku Catatan Kedua

Seperti yang sudah disebutkan tadi, kebanyakan pelajar yang baru mengenal blog biasanya akan mengisi blog mereka dengan tulisan-tulisan seputar pelajaran di sekolah. Ada juga yang mengisi blog mereka dengan kisah-kisah pribadi seolah sedang menulis di buku diary. Tak jarang nama blognya juga menggunakan nama pribadi, misal http://bahrulilmi.com.

Agar Terlihat Keren dan Kekinian

Menjadi keren dan kekinian tak melulu harus dengan tampilan dengan gaya baru, gadget baru, atau upload foto selfie terbaru di jejaring sosial dengan tagar #Kekinian. Memiliki blog dan mengisinya dengan konten-konten terbaru juga bisa membuat seseorang terlihat keren dan kekinian. Mungkin inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak pelajar saat ini mulai menyukai blog. Mereka adalah orang-orang terpilih yang tersentuh hatinya untuk berbagi melalui blog, walaupun diiming-imingi akan terlihat keren dan kekinian.

Mengasah Kemampuan Menulis

Kita yakin bahwa setiap orang terlahir dengan kemampuannya masing-masing. Menulis salah satunya. Banyak pelajar (terutama perempuan) yang kemudian tertarik untuk membuat sebuah blog ketika mengetahui bahwa dirinya memiliki bakat dalam menulis. Di zaman yang sangat mendukung sifat ingin eksis, tidak luar biasanya rasanya jika hanya menulis untuk diri sendiri. Mungkin jika dibagikan melalui blog akan ada banyak orang yang membacanya dan memberikan saran di kotak komentar. Sehingga sang penulis bisa belajar lebih giat untuk membuat dirinya jadi lebih baik lagi.

Untuk Berbagi Tentang Apa yang Mereka Ketahui

Umumnya setiap pelajar memiliki bidang keahliannya masig-masing, dan mereka juga memiliki satu atau beberapa mata pelajar yang sangat mereka sukai, sehingga mereka sangat paham betul tentang hal-hal yang berkaitan dengan mata pelajaran tersebut. Mengajari orang lain satu persatu mungkin akan sulit, tapi jika mengajarnya dilakukan melalui blog, pasti akan lebih mudah. Setiap bagian yang tidak dipahami bisa ditanyakan melalui kotak komentar dan menunggu balasannya melalui email pribadi.

Ya, itulah beberapa alasan pelajar memiliki blog versi Softrickinfo. Jika kamu punya alasan-alasan lainnya, silahkan isikan di kolom komentar. Jangan lupa untuk menjawab pertanyaan “apakah bisa mendapat uang dari blog?” Siapa tahu jawabanmu bisa menjadi inspirasi untuk tulisan berikutnya.

15 komentar

Blog memang wadah menulis yang sangat efektif khususnya untuk para pelajar dan mahasiswa

@adibriza

O itu alasannya, nah hasilkan uang gimana?

@guru5seni8
Http://hati dan pikiran jernih.blogspot. com

Sepertinya harus diadakan seminar seputar blog aja sih biar semakin banyak yang tertarik, bukan hanya pelajar tapi juga masyarakat luas :)

@gemaulani

Iya mas, apalagi sekarang fasilitas online udah semakin mudah :)

Jiaah malah ditanya cara hasilin uang hehehe saya mah lewat placement content dan content writer :)

beberapa waktu lalu saya dan teman-teman Blogger Pontianak juga sempat mengadakan workshop blog di kampus :)

Dan masih banyak lagi yang masih bisa dijadikan alasan. Peace. :D

Satu lagi, agar terlihat pintar.. =D

Iya dong, kekinian gitu loh. dan biasanya memang benar kalau jadi buku catatan kedua. karena suatu saat mengingatkan juga.

@epatyci16

iya,, jamanku dulu bisa pake fasilitas lab komputer udah istimewa banget loh. sekarang udah semakin mudah fasilitas semakin mudah diperoleh dan digunakan.

Hahaha seorang blogger emang harus cerdas :)

Iya, siapa tau lagi iseng ke blog sendiri, baca-baca artikel yang udah pernah dibuat


EmoticonEmoticon