Thursday, November 13, 2014

IAIN Pontianak Adakan Pelatihan SIA untuk Dosen dan Mahasiswa

IAIN Pontianak Adakan Pelatihan SIA untuk Dosen dan Mahasiswa

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak laksanakan pelatihan Sistem Informasi Akademik (SIA) untuk beberapa Dosen dan Mahasiswa yang mewakili seluruh civitas akademika IAIN Pontianak. Kegiatan tersebut diadakan oleh pihak Akademik selama dua hari berturut-turut, materi yang disampaikan berupa teori, pengenalan SIA dan tata cara penggunaan SIA untuk dosen dan mahasiswa.

Pelatihan dan sosialialisasi SIA tersebut diadakan pada 11-12 November 2014, dihadiri oleh sekitar 90 peserta yang merupakan perwakilan dosen dan mahasiswa IAIN Pontianak. Dalam pelatihan tersebut para peserta diberikan pemahaman tentang sistem informasi, sistem informasi akademik dan cara penggunaannya. Para mahasiswa dan dosen yang hadir dibibimbing hingga paham cara menggunakan aplikasi SIA IAIN Pontianak yang saat ini masih berbentuk website dan sedang dalam tahap percoban.

Ide pembuatan SIA sendiri menurut keterangan yang disampaikan oleh ketua panitia pelatihan SIA IAIN Pontianak, sudah pernah ada sebelumnya, namun sempat ditarik kembali karena beberapa hal. Melihat kemajuan teknologi yang semakin berkembang dan melihat sistem akademik di perguruan tinggi serta universitas-universitas yang sudah ada, ide untuk mengmebangkan SIA kembali dimunculkan oleh Bapak Sumarman, M. Ag yang saat ini sedang menjabat di bagian Administrasi Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak.

Adanya SIA yang saat ini tengah digarap dan disempurnakan oleh yang ahli di bidangnya diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada mahasiswa dan keteraturan data yang dimiliki oleh IAIN Pontianak. Pak Nuriahman, SE, M. Ag selaku ketua pantia pelatihan SIA berharap agar SIA yang sedang digarap tersebut tidak menjadi sia-sia nantinya. Ia juga berharap agar SIA ini nantinya dapat mempermudah mahasiswa IAIN Pontianak dalam memberikan informasi akademik mereka.


Untuk saat ini SIA hanya difokuskan untuk mahasiswa angkatan 2014, untuk angkatan-angkatan sebelumnya masih harus bersabar karena masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan, seperti input data mahasiswa, entry dan lain-lain. Namun pihak akademik optimis agar SIA dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa IAIN Pontianak mulai tahun depan. Kita tunggu saja perkebangan selanjutnya.


EmoticonEmoticon