Sunday, September 8, 2013

Apa Itu UEFI?

UEFI1
Hai sobat pecinta software dan informasi, berjumpa lagi kita di blog yang sederhana ini. Pada kesempatan kali ini Softrickinfo akan mengajak sobat untuk mengetahui tentang apa itu UEFI. Ada yang tahu apa itu UEFI?
UEFI merupakan singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface. UEFI juga merupakan standar baru firmware interface yang di desain khusus untuk menggantikan BIOS.

UEFI sendiri awalnya dikembangkan oleh Intel dan diberi nama EFI (Extensible Firmware Interface), kemudian pengembangannya diambil alih oleh sebuah group yang memiliki sekitar 140 perusahaan dan diberi nama Unified EFI atau UEFI.

UEFI berfungsi untuk menghubungkan antara hardware, firmware, dan OS pada sebuah komputer. Saat pertama kali komputer dinyalakan, UEFI adalah sebuah program yang pertama kali akan berjalan atau bekerja.

UEFI2

Pada saat proses booting terjadi, UEFI melakukan pengecekan pada setiap komponen hardaware yang terdapat pada komputer, menjalankan, mengaturnya, dan kemudian diserahkan ke sistem operasi atau OS. UEFI diciptakan untuk mengatasi kelemahan yang dimiliki oleh BIOS, sehingga UEFI memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan BIOS.

Untuk saat ini kelemahan UEFI hanya terletak pada usianya yang masih muda, sehingga belum semua sistem operasi atau OS menggunakan UEFI.

Nah itulah sedikit informasi tentang UEFI yang bisa Softrickinfo bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sobat sobat semua dan dapat menjawab rasa penasaran sobat yang mungkin belum mengenal UEFI.

Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya.


EmoticonEmoticon