Friday, July 26, 2013

Pengertian Windows RTM, OEM, Dan Retail

Jika kita berbicara tentang Windows, mungkin yang ada dalam pikiran kita hanyalah nama-nama Windows yang sudah pernah ada seperti Windows XP, Vista, Windows 7 dan Windows 8. Tapi tahuka sobat, bahwa sebelum dan sesudah perilisan setiap OS Windows tersebut memiliki nama versi? Seperti misalnya Windows 8 RTM. Nah, kali ini kita akan mebahas beberapa nama versi tersebut.


Akhir-akhir ini semenjak kemunculan Windows 8 ke publik, banyak orang yang meperdebatkan nama versi OS Windows atau fase OS Windows tersebut, baik sebelum dan sesudah perilisan. Sebagai contoh, beberapa waktu lalu Softrickinfo sempat berkunjung ke salah satu situs yang membahas tentang Windows 8 Pro Retail dan menyatakan itu sebagai versi paling baru dan sangat berbeda dengan Windows 8 Pro RTM.

Softrickinfo akhirnya menanyakan hal tersebut ke sebuah forum diskusi tentang Windows yang kebetulan memiliki akses untuk berkomunikasi dengan pihak Microsoft. Dari diskusi yang Softrickinfo lakukan, Softrickinfo mendapatkan informasi tentang nama-nama versi (fase) Windows sebagai berikut.

  • Windows Release Preview

    Preview sama artinya dengan Beta. Jadi Windows Preview sama artinya dengan Windows versi Beta. Yaitu Windows yang masih dalam fase development dan sengaja dirilis agar publik bisa mencoba OS tersebut. Karena masih dalam fase development, Windows Preview atau Windows Release Preview biasanya masih memiliki banyak kekurangan. Seperti halnya Windows 8.1 Preview yang sampai saat ini masih terus diperbaiki.
  •  Windows RTM

    Windows RTM atau yang disebut juga sebagai "Release to Manufacturing" merupakan Windows yang sudah tidak lagi berada di fase development, tetapi belum dirilis untuk publik. Windows RTM diberikan Microsoft kepada partner mereka misalnya seperti Dell, Acer, Samsung, dsb beberapa bulan lebih awal. Sehingga mereka bisa melakukan pengetesan dan mempersiapkan PC mereka sebelum menjual PC tersebut ke publik.
  • Windows OEM

    Windows OEM atau yang disebut juga sebagai "Original Equipment Manufacturing", merupakan versi Windows yang sudah pre-installed (built-in) dengan komputer / laptop. Jadi jika sobat membeli PC yang sudah built-in Windows, maka Windows yang sobat miliki adalah Windows OEM.
  • Windows Retail

    Windows Retail merupakan versi final dari sebuah Windows yang sudah dirilis ke publik. Versi ini sama dengan OEM, hanya saja tidak dibundling dengan komputer / laptop melainkan dijual dalam box tersendiri. Windows Retail biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal.

Nah, sudah tahu kan sekarang pengertian dan nama-nama versi Windows sebelum dan sesudah perilisan? Semoga artikel Softrickinfo ini bisa menjadi penambah wawasan pengetahuan sobat tentang Windows.

Ditulis melalui : WinForum

Semoga bermanfaat.

3 komentar

wih ane baru tau pengertiannya sekarang gan wkwk


EmoticonEmoticon