Wednesday, July 24, 2013

Awas! Ancaman Hacker Pada Sim Card Dan Handphone Lama

Kabar dari Softrickinfo kali ini datang dari dunia hacker yang siap mengancam sobat yang saat ini masih menggunakan Sim Card yang terpasang pada handphone lama yang sobat miliki. Bagi sebagian orang, menggunakan handphone lama jauh lebih efisien daripada harus menggunakan handphone keluaran terbaru namun terjebak dengan kecanggihan handphone tersebut.


Sobat mungkin sering mendengar bahwa yang sering menjadi sasaran empuk para hacker adalah handpone-handphone canggih serta barang-barang komunikasi elektronik lainnya yang ada saat ini, namun rupanya pengguna handphone lawas pun harus berhati-hati akan serangan hacker yang menyusup dan menyerang melalui perangkat tersebut.

Founder Security Research Lab di Berlin bernama Karsten Nohl, telah berhasil berhasil mengambil alih atau menghack sebuah Sim Card dan handphone lama (dibaca lawas) hanya dalam waktu yang cukup singkat, yaitu 2 menit.

Menurut info yang Softrickinfo dapatkan, Nohl akan terlebih dahulu menginstal sebuah firmware khusus yang bekerja secara independen tanpa tergantung pada handphone yang menjadi sasarannya, lalu kemudian ia akan mulai memata-matai setiap aktivitas handphone tersebut, baik sms maupun telepon yang dilakukan oleh si pengguna handphone.

Lebih parah lagi Nohl bahkan dapat mengambil alih semua nomor kontak yang terdaftar pada sim card yang ada di handphone tersebut, serta menggunakan pulsa yang ada pada sim card tersebut. Celah keamanan ini muncul karena handphone lama masih menggunakan sistem keamanan standar yang disebut DES.

Sang hacker (dalam kasus ini adalah Nohl) hanya tinggal mengirimkan sebuah sms yang berisi kode binary dan handphone tujuan akan mendeteksi pesan tersebut sebagai pesan error yang kemudian membawa signatur kriptografik. Nah, signatur tersebut dapat diubah menjadi 56 Bit Key DES hanya dalam waktu kurang lebih 2 menit saja oleh sang hacker.

Ketika sudah mendapatkan DES Key tersebut, sang hacker lalu akan mengirim sebuah sms berisi kode binary lagi untuk memerintahkan agar sim card tujuan (korban) menginstal kode tertentu pada handphone yang disisipi sim card tersebut. Kode itulah yang nantinya akan digunakan untuk mengambil alih dan menguasai handphone tujuan yang menjadi sasaran sang hacker.

Ditulis melalui: Winpoin

Semoga bermanfaat.


2 komentar

Wah hebat banget tuh sang hacker. Kelemahan handphone lama juga sering ada. Ada beberapa kode yang dikirim lewat sms supaya hape itu mati sendiri. Sudah banyak beredar di internet.

Iya, tapi yang ini lebih dari sekedar mematikan handphone sob


EmoticonEmoticon