Friday, May 17, 2013

Tren BYOD Di Indonesia

Semakin tingginya perkembangan perangkat mobile dan Cloud Computing di Indonesia, dikabarkan telah memunculkan sebuah tren baru yang disebut BYOD (Bring Your Own Device). BYOD memiliki kelebihan tersendiri untuk para penggunanya, khusnya bagi para pekerja.
Kelebihan BYOD bagi para pekerja adalah dapat membantu memaksimalkan pekerjaan mereka, karena BYOD memungkinkan para penggunaya untuk menggunakan BYOD dimanapun, kapanpun selam para pengguna BYOD terhubung dengan akses internet.

Menurut Teguh Prasetya (Pendiri Indonesia Cloud Forum), fenomena BYOD bukanlah suatu hal yang baru di Indonesia. Tren  BYOD mulai tumbuh pada tahun 2009 dan terus berkembang hingga saat ini.

Azhar Hasyim (Direktu e-Bussiness Ditjen Aplikasi telematika Kominfo), mengatakan bahwa ada dua aspek yang harus diperhatikan BYOD agar bisa berjalan mulus di Indonesia.
Aspek pertama ialah perlindungan data privasi. Hal ini menyangkut bagaimana  penanganan data-data pribadi para pengguna yang harus di sesuaikan dengan aturan yang berlaku yang berkaitan dengan data pribadi.

Aspek kedua, kelangsungan layanan aplikasi yang terhubung dari perangkat BYOD ke pusat aplikasi di cloud server. Kedua aspek tersebut menurut Azhar, menjadi sebuah pekerjaan rumah bagi pemerintah dan pra praktisi di bidang ini guna mencari solusi untuk penanganan terkait BYOD. (BI)

Sumber: Detik.com


EmoticonEmoticon