Friday, May 17, 2013

Mengungkap Rahasia Kecepatan Startup Windows 8

Perbincangan seputar Windows 8 kelihatannya makin ramai saja nih sobat dibicarakan oleh -orang-orang di luar sana. Mulai dari kemunculannya, tampilannya, hingga proses startup-nya yang begitu cepat. Nah pada kesempatan kali ini Softrickinfo akan membahas tentang 'Rahasia kecepatan startup pada Windows 8'.

Jika sobat adalah pengguna Windows 8, sobat pasti sudah sangat merasakan betapa cepatnya proses Startup Windows 8 yang sobat gunakan. Ya, kecepatan startup pada Windows 8 disebut dengan 'Fast Startup'. Fitur tersebut adalah fitur baru yang terdapat pada Windows 8 yang dapat membantu sobat mematikan serta menyalakan kembali komputer sobat dengan sangat cepat.

Saat dimatikan (Shutdown), Windows 8 menggunakan metode Hybrid Shutdown (Hibernate parsial) yang menyimpan driver dan kernel session (informasi sistem) di dalam sebuah file yang bernama hiberfil.sys. Saat sobat menyalakan lagi komputer sobat yang menggunakan Windows 8, maka Windows 8 akan menggunakan informasi yang ada pada file hiberfil.sys tadi untuk menjalankan proses yang sebelumnya sudah berjalan.

Hal tersebut mampu membuat proses startup menjadi 30% - 70% lebih cepat. Karena memang, membaca informasi sistem pada hiberfil jauh lebih cepat daripada harus melakukan booting dari awal lagi. (BI)

Terima kasih kepada Winpoin atas informasinya.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon