Sunday, October 7, 2012

Cara Mudah Membuat Flashdisk Menjadi Bootable Menggunakan Rufus

Cara Mudah Membuat Flashdisk Menjadi Bootable Menggunakan Rufus - Beberapa pengalaman instal ulang di tempat service komputer membuat saya berfikir, "Daripada harus menunggu lama dan membayar dengan biaya yang lumayan besar, kenapa tidak belajar instal sendiri saja". Berawal dari hal tersebut saya lalu mencari cara dan tutorial untuk melakukan instal ulang komputer sendiri.



Banyak hal-hal baru yang saya temukan saat belajar melakukan instal ulang komputer sendiri. Salah satunya adalah cara membuat flashdisk menjadi bootable dengan menggunakan software. Salah satu software yang bisa sobat gunakan untuk membuat sebuah flashdisk menjadi bootable adalah Rufus.

Dengan mengguakan Rufus sobat bisa melakukan proses bootable pada flashdisk dengan mudah dan cepat tanpa harus memiliki kemampuan khusus. Berikut Cara Mudah Membuat Flashdisk Menjadi Bootable Menggunakan Rufus./

1. Download Rufus disini.
2. Pastikan flashdisk yang akan kamu jadikan Bootable sudah terpasang.
3. Jalankan software rufus yang sudah sobat download tadi.
4. Beri tanda Centang pada bagian "Create a bootable disk using", gunakan "ISO Image" Sebagai sumbernya (pastikan OS yang akan di bootable berformat .iso), lalu tekan tombol browse yan ada di sebelahnya. Lihat gambar berikut.


5. Pilih file OS yang akan sobat jadikan bootable.


6. Klik tombol "Start" untuk memulai proses bootable.

Source image : Pusatgratis.com
7. Tunggu hingga proses bootable selesai.

Nah itulah sedikit tutorial singkat tentang Cara Mudah Membuat Flashdisk Menjadi Bootable Menggunakan Rufus. Semoga bermanfaat bagi sobat, jika ada yang tidak jelas silahkan ditanyakan melalui kotak komentar. Sampai jumpa pada postingan softrickinfo yang lainnya.

14 komentar

mengapa yahh pas saya mau bootable file ISO selalu Error ,
padahal ISO 'nya bagus..

Mungkin kamu lupa memformat flashdisk yg kamu gunakan, atau juga kamu salah memilih jenis format yang sesuai dengan OS yang akan kamu jadikan Bootable.

terima kasihh ya
atas informasinya
salam buat anak nu kaplongan yang makin kece aja''''''''''''''''''''

bos tutorialnya masi kurang nih.
setelah Proses boot selesai apakah bios di komputer di set menjadi 1st boot nya flash disk ?

pak saya kurang paham nch soal bootable ad 2 versi dr dosen saya ktanya bootable itu adalah os yg bisa lgsg digunakan jadi jika flasdisk sudah dijadikan bootable qt bisa menggunakan os di flasdisk itu dengan mencolokan flasdisk ke komputer dan mengubah biosny atau boot nya.
versi ke dua botable itu pganti dari dvd ekternal yaitu menginstal os dr flasdisk tolong dijawab mana menurut versi bapak?

tutorial rufusnya kok gak ada?? punya saya juga gak support tuh, malahan diem aja leptop saya g mau booting.. padahal langkah -langkah udh bnr smw,, dr format flashk, dan ikutin petunjuk -peetunjuknya,, tetep gak bisa,,

Support kok, mungkin jenis formatnya salah.

nggak harus gitu juga sih, pas masuk bios langsung klik nama flashdisk yang kamu gunakan juga bisa.

Dalam artikel ini udah langsung sama tutorial rufusnya. Kalo soal booting seharusnya kamu restart dulu laptop kamu, trus pas muncul logo merek laptop kamu cepet2 tekan esc atau tombol yang bisa dipake untuk masuk bios. klik nama/jenis flashdisk kamu.

ini buat booting OS pada flashdisk ya? sebelumnya ada koreksi gan untuk format flashdisk. Sebelum dijadikan bootable, flashdisk harus di format terlebih dahulu dan menggunakan sistem fat32 / ntfs.

Iya, makasih untuk koreksiannya.

gan... langkah ke 5 saya kurang menegerti setelah klik browse kita pilih windows7 dimana? saya cari kok ga ada gan...

Klik gambar yang ada di sebelah menu "ISO Image" lalu cari di mana tempat sobat menyimpan file Windows yang akan sobat gunakan.


EmoticonEmoticon