Friday, March 6, 2015

Tips Agar Semangat Negblog Tetap Terjaga

Senang rasanya bisa kembali menulis untuk Liga Blogger Indonesia. Setelah sempat vakum selama kurang lebih dua pekan lamanya, kini Softrickinfo.com mencoba untuk kembali ke arena LBI 2015 yang saat sudah memasuki pekan kesembilan. Sepeninggal Softrickinfo.com kemarin, tampaknya ada sesuatu yang terjadi di arena LBI 2015, sampai-sampi kali ini Softrickinfo.com harus menuliskan tips agar semangat ngeblog tetap terjaga.

Tips Agar Semangat Negblog Tetap Terjaga

Menjaga semangat ngeblog agar tetap menyala adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh seorang blogger, karena jika semangat ngeblognya mulai menurun atau bahkan hilang, dapat menyebabkan blog yang ia miliki menjadi tidak up to date atau bahkan usang seperti tidak terurus. Kalau sudah begitu, para pengunjung setia juga akan pergi meninggalkan blog tersebut. Nah, maka dari itu kali ini Softrickinfo.com akan meberikan beberapa tips yang bisa dicoba agar semangat ngeblog sobat tetap terjaga.

#1. Perbaiki Niat Ngeblogmu

Sebagai seorang blogger yang baik, penting bagi kita untuk menentukan niat kita menjadi seorang blogger. Apakah itu untuk sekedar menjadikan blog sebagai tempat berbagi informasi, curhat, galeri foto, tempat menyalurkan hobi atau yang lainnya. Ini mungkin hal kecil, tapi itu dapat mempengaruhi semangat kita dalam mengelola blog yang kita miliki. Jika niat blog kita dari awal sudah tidak tepat, maka blog kita juga akan terlihat agak aneh.

#2. Perbaiki Tujuan Ngeblogmu

Sama seperti poin pertama, selain harus memperbaiki niat, kita juga harus memperbaiki tujuan kita ngeblog itu untuk apa. Apakah itu untuk menyalurkan hobi, berbagi informasi, atau hanya ingin mendapatkan uang melalui blog yang kita miliki. Banyak orang yang akhirnya meninggalkan blog mereka sendiri hanya karena tujuan yang mereka harapkan dari membuat blog tersebut tidak tercapai, sehingga semangat mereka untuk terus ngeblog sedikit demi sedikit mulai luntur dan akhirnya hilang.

#3. Menjaga Mood

Saya sendiri tidak tahu ini penting atau tidak, tapi yang jelas pasti ada sebagian dari kita yang sifatnya moody ketika ngeblog. Ini mungkin tidak apa-apa jika blog yang kita miliki hanya untuk berbagi informasi atau sarana untuk menyalurkan hobi. Namun yang satu ini perlu kita perhatikan ketika kita mengikuti lomba semisal Liga Blogger Indonesia 2015 yang menuntut kita untuk selalu update paling tidak membuat 3 postingan setiap minggu.

Jika mood untuk ngeblog mulai tidak bagus, sebaiknya lakukan cara-cara yang bisa membuat mood itu kembali. Setiap orang punya caranya masing-masing dalam mempertahankan moodnya. Selain berpengaruh pada blog yang kita miliki, mood ketika ngeblog juga mempengaruhi kualitas konten atau tulisan yang kita buat. Maka dari itu, kita harus bisa menjaga mood kita dengan baik. Kalaupun harus menurun, jangan dibirkan terlalu lama. Segera kembali ke jalur yang benar.

#4. Belajar dari Blogger-Blogger Berpengalaman

Kita tentu saja bisa belajar kapanpun, di manapun dan dengan siapapun. Termasuk dengan blogger-blogger yang sudah memiliki banyak pengalaman di dunia blogging. Perhatikan bagaimana cara mereka menjaga semangat ngeblog mereka agar terlihat selalu produktif dalam mengisi postingan di blog mereka. Softrickinfo.com sendiri sering belajar dari beberapa blogger yang ada d Pontianak. Mengamati bagaimana cara mereka ngeblog ketika semangat ngeblog mulai menurun.

#5. Menyemangati Diri Sendiri

Bagimanapun orang lain mendukung kita untuk selalu semangat ngeblog, jika tidak dibarengi dengan semangat dari diri kita sendiri juga rasanya akan sia-sia saja. Karena pastinya semangat juga akan turun-naik dan rasa malas-malasan untuk mulai ngeblog lagi juga masih akan tetap ada. Nah, selain empat poin tadi, ini adalah poin terakhir yang mungkin bisa menyatukan semua poin tersebut. Dengan menyemangati diri kita sendiri untuk tetap ngeblog, maka semangat ngeblog kita akan tetap terjaga dan selalu menyala.

Apapun yang terjadi, jangan biarkan semangat ngeblog itu redup apalagi sampai hilang. Kalaupun kita merasa jenuh dengan aktifitas ngeblog yang kita lakukan, istirahatlah sejenak atau carilah suasana baru agar rasa jenuh tersebut segera pergi dan tergantikan dengan semangat yang baru. Semoga beberapa tips tadi dapat bermanfaat dan dapat dilakukan dengan baik. tetap semangat dan keep blogging.

22 komentar

setuju banget, perbaiki niat di awal ngeblog, kalo niat dah mantep biasanya ngeblog gx pantang mundur yah

Saya setuju dengan niat. Apapun kegiatannya kalau niatnya baik Insya Allah akan ada jalan yang terbaik. Jadi, ngeblog juga harus pakai niat dong :D

Dengan semua catatan di atas semoga kita tetap konsisten buat ngeblog nya.

Semangat! Niat dan harus konsisten. :D

setuju sekali untuk niat dan tujuan ngeblog
karena dari pengalamanku yang sedikit,

ada yang nge-blog berniat dan bertujuan untuk mencari popularitas yang dianggapnya bisa dimanfaatkan oleh orang lain padahal ya belum tentu
udah gitu sikapnya yang sombong, milih-milih dan membully
aduuh
sayang sih
tapi ya terserahlah

oh ya mohon izin kasih tau ada typo di sampai-sampi, harusnya sampai-sampai
terus aku juga mohon maaf baru komen, karena baru buka, habis sarapan dan minum obat, serta lagi santai nyiapin diri untuk buat laporan lagi, semalam saya tidak buka twitter karena sepulang dari dokter karena kepala pusing dan demam, aku menerima telepon dan tidur habis itu.

@guru5seni8
http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

Iya, semoga kita bisa tetap konsisten meskipun ajang LBI 2015 sudah selesai.

Hahaha iya, dimaafin, terima kasih juga untuk koreksiannya.

Harus menyemangati diri sendiri yah lebih enak di semangat orang lain

met datang kembali di LBI, tinggal dua pekan lagi ya? semoga semangat ngeblog kita semua tetep menyala walau liga sudah selesai nanti :) @RuriOnline

Mnejaga mood saat ngeblog dengan segelas kopi, biar gak ngantuk maksudnya. hehehe
@ririekayan

Hahaha... Iya, tapi kalau bisa menyemangati diri sendiri itu hebat lho... :)

Iya, terima kasih :) Sepertinya begitu :D Ya, semoga saja walau ajang LBI sudah selesai, semangat ngeblog kita semua tetap terjaga dan terus menyala hehehe

Ya itu juga biasa saya lakukan, biasa pake kopi, biasa juga pake cemilan hehehe

Dua hal yang jangan pernah dilupakan agar semangat ngeblog tetap terjaga yaitu selalu tersedia hot capuccino milk dan snack. Wkwkwkwkww... :-)

Hot capuccinonya diganti kopi hitam :D Kalo snack sih jangan diganti, udah pas :)

Tips Agar Semangat Negblog Tetap Terjaga

yang pasti koneksi lancar gak putus nyambung buat semangat pantang kendur juga, hehehe....

Bener banget tu, ini sudah beberapa hari lagi galau karena koneksi kacau :D

Mantep banget tipsnya .. Kebetulan lagi memompa kembali semangat ngeblog nih.. Terimakasih sudah berbagi. Salam


EmoticonEmoticon