Tuesday, February 4, 2014

Apa Itu Stockrom Dan Cusrom?

Apa Itu Stockrom Dan Cusrom?
Dunia Android tampaknya sangat menarik sekali untuk dibincangkan saat ini. Banyak hal menarik yang bisa kita pelajari dari robot hijau yang menarik perhatian para pengguna gadget pintar itu. Seperti ROM Android misalnya. Jika dalam ilmu komputer ROM adalah Read Only Memory, maka di Android bukan itu arti ROM sebenarnya.

ROM pada Android secara mudah dapat diartikan sebagai sistem operasi yang menjadi nyawa sebuah gadget berbasis Android. ROM pada Android terbagi dalam beberapa macam, Softrickinfo menemukan dua dinataranya. Kedua Jenis ROM Android tersebut disebut sebagai Stockrom dan Cusrom. Mungkin sobat ada yang sudah tidak asing lagi dengan dua jenis ROM tersebut.

Menurut yang Softrickinfo pahami, Stockrom adalah ROM atau sistem Android yang masih asli bawaan dari pabrik atau vendor pembuat gadget berbasis Android. Stockrom tidak dapat dimodifikasi atau diubah oleh pengguna biasa yang tidak memiliki hak akses penuh (root) terhadap gadget Android yang ia miliki. Untuk dapat memodifikasi Stockrom tersebut gadget Android yang bersangkutan harus bersatus sudah di root (rooted).

Lain halnya dengan Cusrom. Masih menurut apa yang Softrickinfo pahami, Cusrom adalah ROM Android hasil modifikasi dari ROM Android yang lain. Cusrom berasal dari hasil pencadangan (backup) Stockrom gadget Android tertentu yang sudah diporting (disesuaikan). Contoh, Cross Andromeda A88 yang Softrickinfo gunakan, semula Smortphone tersebut menggunakan Stocrom asli dari Cross. Namun, karena sudah di root dan lain sebagainya, Smortphone tersebut dapat dipasangi Cusrom sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Saat ini Cross Andromeda A88 yang Softrickinfo gunakan sedang menggunkan Cusrom Samsung Galaxy Note III yang sudah di update ke versi Android paling baru yaitu Android KitKat 4.2.2. Padahal seharusnya Cross Andromeda A88 yang Softrickinfo gunakan ini hanya bisa menggunakan Android versi Jelly Bean.

Itulah sedikit informasi tentang Stockrom dan Cusrom Android yang dapat Softrickinfo bagikan kepada sobat pada kesempatan update kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semuanya. Jika ada pertanyaan, silahkan langsung tinggalkan komentar di kotak komentar yang telah disediakan.

Sampai jumpa lagi.... :) 


EmoticonEmoticon