Sunday, November 18, 2012

Cara Merubah Latar Belakang Homepage Google Pada Google Chrome

Beberapa waktu yang lalu sebelum artikel ini diluncurkan pihak google mengumumkan bahwa beberapa fitur milik mereka akan segera dinonaktifkan, salah satunya adalah fitur untuk merubah tampilan pada homepage google secara custom. Alasan mereka melakukan hal tersebut karena mereka ingin merampingkan halaman google search (halaman pencarian) untuk semua orang.



Bagi sobat yang pernah menggunakan fitur pengubah background milik google dan masih menggunakannya hingga sekarang, maka mulai saat ini fitur tersebut tidak bisa digunakan lagi. Itu artinya halaman homepage google sobat sekarang telah kembali lagi ke bentuk semula.

Walaupun fitur untuk mengganti latar belakang atau background pada homepage google telah dinonaktifkan, sobat masih bisa merubahnya dengan sedikit trik dan ekstensi yang telah disiapkan pada postingan kali ini. disini saya menggunakan web browser google chrome yang mendukung pengadaan ekstensi atau add ons. Dan ekstensi yang akan kita gunakan untuk dapat merubah background pada homepage google adalah "Background Image For Google Homepage".

Untuk dapat merubah latar belakang pada homepage google, silahkan lakukan langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka browser Google Chrome sobat. Jika belum punya silahkan download disini.
2. Klik Chrome web store atau klik disini.
3. Jika terasa terlalu lama saat masuk ke webstore, silahkan lewat sini.
4. Klik tombol "Tambah ke Chrome". Lihat gambar.


5. Tunggu hingga muncul Tab baru seperti gambar di bawah ini.


6. Selesai.

Setelah sobat selesai menginstall ekstensi di atas, ada 3 alternatif pilihan untuk dapat merubah gmbar sesuai dengan keinginan sobat.

1. Enter new image Url
Sobat bisa menggunakan gambar dari situs lain dengan cara meng-copy Url dari gambar tersebut lalu paste-kan pada kotak yang telah disediakan.

2. Search image from flickr
Sobat bisa menggunakan gambar dari situs flickr sebagai background yang akan sobat gunakan.

3. Pilih yang telah disediakan.
Sobat bisa memilih satu diantara 40-an gambar yang telah disediakan pada ekstensi tersebut sebagai background yang akan sobat gunakan.

Setelah membaca artikel ini apakah sobat tertarik untuk mencoba cara di atas? jika pasang ekstensinya sekarang juga di browser Google Chrome sobat.






EmoticonEmoticon