Friday, December 8, 2017

60 Tahun Astra Menginspirasi dan Bermanfaat Bagi Negeri

60 Tahun Astra Menginspirasi dan Bermanfaat Bagi Negeri – Tak terasa sudah cukup lama perjalanan serta perjuangan Astra menjadi salah satu yang menginspirasi dan bermanfaat bagi negeri. Bukan waktu yang sebentar bagi Astra sehingga bisa seperti saat ini. Mungkin ada sebagian dari kita yang masih asing dengan nama atau sebutan Astra, tapi yakinlah, jika kita mendengar Astra Honda Motor (AHM) seketika kita akan percaya bahwa perusahaan satu ini sudah ada sejak lama sekali. Bahkan kini produk Astra bukan hanya di bidang otomotif seperti mobil dan sepeda motor, tapi juga ada di beberapa bidang lainnya yang sangat dekat dengan keseharian kita.

60 Tahun Astra Menginspirasi dan Bermanfaat Bagi Negeri
Pewarta Astra via Astra.co.id
Berangkat dari Catur Dharma yang menjadi filosofi berdirinya Astara hingga hari ini menjadikan perusahaan yang sudah 60 tahun berkarya ini memiliki peranan yang sangat luas di berbagai bidang. Selain mengeluarkan berbagai produk unggulan di bidang otomotif, perusahaan yang sudah ada sejak 1957 ini juga turut serta mengambil peran di berbagai bidang lain, misalnya saja di bidang pendidikan, bidang informasi dan komunikasi, properti, jasa keuangan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kebanyakan dari kita mungkin selama ini hanya mengenal Astra sebagai produsen motor Honda, mungkin juga ketika disebutkan nama “Honda”, masih ada yang teringat dengan “Honda Grand”, produk legendaris Astra Honda Motor yang beberapa tahun lalu menjadi kebangaan para orang tua kita dan sekarang kita meneruskan kebangaan itu dengan sejumlah produk Honda lainnya yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Puluhan tahun bergelut di bidang industri, tentu sudah banyak sekali tenaga kerja yang dinaungi oleh perusahaan ini. Benar saja, menurut informasi yang tertera di website astra.co.id, hingga saat ini setidaknya PT. Astra International Tbk sudah memiliki sekitar 218.773 karyawan yang tersebar di 212 anak perusahaan Astra International.

Untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat tentu ada banyak hal yang bisa dilakukan, dan Astra berhasil melakukan itu. Keberhasilan di bidang otomotif tampaknya menjadikan Astra kemudian melirik bidang-bidang lainnya. Melalui 9 Yayasan Astra yang ada, Astra International berhasil menginspirasi dan bermanfaat di bidang pendidikan. Tidak hanya itu, mereka juga ikut berperan aktif di bidang sosial dan teknologi informasi.

Salah satu bisnis Astra bergerak di Teknologi Informasi, bisnis tersebut dikenal dengan nama Astragraphia, sebuah layanan yang menawarkan kemudahan bisnis yang berbasis document, information & Communication Technology (DICT). Usaha satu ini dijalankan oleh anak perusahaan Astara International, yaitu PT. Astra Graphia Tbk.

Astra Gragphia juga berperan aktif dalam pengelolaan ICT dalam grup Astra sendiri, mereka menyediakan berbagai kebutuhan ICT termasuk gadget, notebook, server, network, perangkat lunak sistem operasi, dan juga memiliki peranan sebagai business enabler pada jajaran perusahaan Astra.

Di Indonesia, Astragraphia memasarkan produk-produk DICT mereka melalui 29 kantor cabang dan 81 titik layanan yang tersebar di sejumlah daerah. Walaupun Astra lebih memfokuskan bisnis mereka pada pelanggan korporasi, khususnya di bidang ICT, DICT tetap melayani seluruh segmen pasar ritel, korporasi dan pemerintahan, dengan konsep penyediaan solusi yang terintegrasi.

Semoga di usia yang semakin bertambah, Astra tidak bosan-bosannya untuk selalu menginspirasi dan dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Indonesia. Bangga menjadi bagian dari Astara Honda Motor dan Astra International, mengawal sejumlah informasi hingga sampai kepada pembaca dan peminat produk Astra.

2 komentar


EmoticonEmoticon