Temu Blogger Kesehatan 2017 dan Peringatan Hari Penglihatan Sedunia di Pontianak

Softrickinfo.com. Temu Blogger Kesehatan 2017 dan Peringatan Hari Penglihatan Sedunia di Pontianak – Ini adalah kali kedua Softrickinfo mendapat kesempatan untuk hadir di Temu Blogger Kesehatan 2017. Kali ini kunjungan teman-teman dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terasa begitu special, pertama karena bertepatan dengan peringatan Hari Penglihatan Sedunia yang kali ini diperingati di Pontianak, Kalimantan Barat. Kedua, karena event pada 12 Oktober 2017 di Hotel Harris Pontianak itu dihadiri langsung oleh Menteri Kesehatan, Prof. Dr. Nila Juwita F. Moeloek, Sp. M.
Temu Blogger Kesehatan 2017
Temu Blogger Kesehatan 2017 
Kegiatan yang dimulai sejak pagi hingga sore hari itu diisi dengan berbagai materi yang sangat bermanfaat tak hanya bagi kami yang hadir, tapi juga bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kemenkes RI mengundang para pegiat media yang ada di Pontianak, salah satunya adalah Komunitas Blogger Pontianak. Diundangnya para pegiat media sosial ini karena dianggap memiliki peranan yang cukup penting untuk menyampaikan informasi tentang kesehatan kepada masyarakat luas.

Melalui kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), pemerintah, khususnya Kemenkes RI terus berupaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Salah satunya adalah dengan aktif berbagi informasi tentang pentingnya menjaga kesehatan. Salah satu yang dibahas pada pertemuan itu adalah pentingnya menjaga mata sebagai alat indera yang paling penting. Sebab mata merupakan investasi bangsa.

drg. Oscar Pribadi, MPH dalam kesempatannya menyebutkan ada beberapa kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang mesti dibiasakan, yaitu:

  1. Melakukan aktivitas fisik, minimal 30 menit sehari.
  2. Mengonsumsi buah dan sayuran.
  3. Melakukan cek kesehatan secara rutin, misalnya enam bulan sekali.
  4. Tidak merokok.
  5. Tidak mengonsumsi alkohol.
  6. Membersihkan lingkungan sekitar.
  7. Menggunakan jamban atau toilet.

Dalam kesempatan tersebut peserta juga diberikan panduan bagaimana mendeteksi masalah pada mata dengan mudah, yaitu dengan melakukan ‘hitung jari’ pada jarak tertentu. Cara ini dikatakan sangat berguna untuk mengetahui kebutaan atau masalah penglihatan yang dialami oleh seseorang. Kita juga bisa mengambil langkah tepat jika sudah mengetahui masalah yang dialami oleh orang tersebut, salah satunya adalah dengan menyarankan untuk segera memeriksakan diri ke Puskemas atau rumah sakit terdekat.

Selain membiasakan pola hidup sehat pada diri sendiri, kita juga bisa mengajak orang lain untuk bersama-sama menerapkan pola hidup sehat. Kita juga bisa menolong orang lain yang memiliki masalah kesehatan walau hanya dengan cara yang sederhana. Setidaknya kita sudah memiliki kesadaran untuk hidup sehat dan menolong sesama.
Share on Google Plus

Tentang Bahrul Ilmi

Seorang Content Writer Pontianak yang masih dalam proses menimba ilmu, juga sedang mengembangkan sebuah usaha bernama #Pontiwriter. Bergerak di bidang penulisan konten. Menerima orderan artikel dengan tema teknologi dan gadget. Hubungi saya melalui email di gbygoober@gmail.com.

0 comments:

Post a Comment

Baca sebelum berkomentar

1. Berkomentar menggunakan akun dari layanan yang telah tersedia.
2. Untuk mengetahui balasan komentar silahkan klik "Subscribe by email" sebelum mempublikasikan komentar.
3. Jangan menaruh link di dalam komentar.
4. Gunakan fitur Name/Url dengan baik.
5. Jangan gunakan nama 'anonim'.

IBX58BE408137C57