Komputer Kamu Terasa Lambat? Ini Tips Mengatasinya

Softrickinfo.com. Komputer Kamu Lambat? Ini Tips Mengatasinya - Berbagai aktivitas kini sudah bisa dilakukan secara mobile. Bahkan sebagian orang saat ini lebih banyak bekerja secara remote dari jarak jauh tanpa harus pergi ke kantor atau tempat mereka bekerja. Semua itu tidak terlepas dari dukungan teknologi perangkat yang ada, misalnya saja seperti smartphone dan komputer. Untuk itu perawatan kedua perangkat tersebut harus dipehatikan. Terutama pada komputer atau laptop.

Komputer Kamu Terasa Lambat? Ini Tips Mengatasinya
Mengatasi komputer lambat via Pexels.com
Komputer termasuk salah satu teknologi canggih yang mampu mempercepat suatu pekerjaan sehingga pekerjaan dapat segera terselesaikan dalam waktu singkat. Namun agar tetap bisa memberikan kinerja yang baik, kita harus melakukan perawatan terhadap perangkat tersebut secara rutin. Sebab, jika komputer sudah terasa lambat, apalagi sampai rusak, tentu akan berpengaruh juga pada aktivitas harian kita.

Tapi jika laptop atau komputer kerjamu mulai bermasalah, misalnya saja mulai terasa lambat, mungkin kamu bisa mencoba beberapa tips komputer berikut ini yang bisa membantumu menyelesaikan masalah tersebut.

Periksa Kapasitas Memori (RAM)

Salah satu penyebab komputer lemot biasanya adalah karena kapasitas RAM yang minim. Untuk itu coba pastikan kapasitas memori pada komputer yang sudah terpasang. Bagi komputer yang masih menggunakan prosesor pantium 4 sekelas Intel misalnya, dengan OS Windows XP serta aplikasi standar, coba lakukan upgrade memori menjadi 2GB atau lebih. Jika kamu menggunakan prosesor seperti Intel Coe i3 atau i5 dan digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan berat, ada baiknya kamu menggunakan RAM berukuran 4GB atau 8GB.

Kurangi Aplikasi atau Service yang Berjalan saat Komputer DInyalakan

Semakin banyak program yang diinstal atau terpasang di komputer kita, maka semakin banyak pula program serta service yang berjalan saat Windows melakukan startup. Untuk mengatasinya, coba masuk ke “System Configuration Utility” dengan klik msconfign pada menu run, lalu pada tab service serta startup, uncheck aplikasi-aplikasi yang mungkin tidak diperlukan. Namun hati-hati dalam melakukannya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mempermudah urusan satu ini.

Periksa Kondisi Hard disk

Biasanya penyimpanan data yang tidak beraturan dan kondisi hard disk yang kurang trawat juga berpotensi membuat kinerja komputer menjadi lambat. Cara mengatasi komputer lambat karena masalah hard disk yaitu dengan melakukan defragmenter pada harddisk secara rutin, jika memang dirasa perlu, ada baiknya melakukan upgrade hard disk dengan cara menambah maupun mengganti hard disk dengan SSD (Solid State Drive), selain itu hindarkan penyimpanan data tersebut dari goncangan, debu dan panas.

Pastikan Tidak Ada Virus Menyerang

Virus tentu kerjanya hanya merusak, merusak data-data penting yang kita miliki. Tidak jarang viruslah yang telah menyebabkan komputer menjadi lelet, karena file-file yang ada dalam komputer dirusak oleh virus yang entah dari mana saja datangnya. Tentu sangat menyebalkan jika hal ini terjadi pada komputer kita. Tenang saja, masih ada cara untuk mengatasinya, gunakan antivirus untuk melindungi komputermu agar selalu aman. Sangat disarankan untuk menggunakan antivius berbayar, jika belum bisa, pasang saja antivirus Pro dengan lisensi trial. Sebisa mungkin jangan gunakan aplikasi bajakan.

Itulah beberapa tips komputer yang bisa kamu coba agar laptop atau komputer yang sedang digunakan tidak berjalan seperti siput. Semoga dapat memecahkan masalahmu sebelum kemudian memutuskan untuk pergi ke toko komputer terdekat.
Share on Google Plus

Tentang Bahrul Ilmi

Seorang Content Writer Pontianak yang masih dalam proses menimba ilmu, juga sedang mengembangkan sebuah usaha bernama #Pontiwriter. Bergerak di bidang penulisan konten. Menerima orderan artikel dengan tema teknologi dan gadget. Hubungi saya melalui email di gbygoober@gmail.com.

0 comments:

Post a Comment

Baca sebelum berkomentar

1. Berkomentar menggunakan akun dari layanan yang telah tersedia.
2. Untuk mengetahui balasan komentar silahkan klik "Subscribe by email" sebelum mempublikasikan komentar.
3. Jangan menaruh link di dalam komentar.
4. Gunakan fitur Name/Url dengan baik.
5. Jangan gunakan nama 'anonim'.

IBX58BE408137C57