Jangan Gunakan “Sleep” di Windows 10 Jika Tidak Mau Mengalami Ini

Para sobat Softrickinfo.com tentu sudah tahu kalau tepat pada tanggal 29 Juli 2015 kemarin, Microsoft secara resmi sudah merilis Windows terbaru mereka, yaitu Windows 10 Final. Para pengguna yang sudah sangat gregetan untuk menikmati Windows terakhir Microsoft itu tentu saja berlomba-lomba untuk segera update dan mencari informasi tentang Windows 10 yang dalam waktu kurang dari dua hari sudah tembus 14 juta pengguna tersebut. Banyak orang yang kemudian berlomba-lomba membuat berita tentang di web dan blog yang mereka miliki, tapi mereka lupa untuk membahas soal bugs atau masalah yang masih terdapat di Windows 10.

Windows 10 "BigWave" Final Build 10240
Windows 10 via WinPoin.com
Pertanyaan paling sering dilontarkan oleh pengguna yang ingin mencoba Windows 10 dengan segala keraguan dan kecemasan yang dimilikinya adalah

Adakah bug di Windows 10?

Pengguna yang benar-benar baru menggunakan Windows 10 mungkin akan banyak yang menjawab kalau mereka belum menemukan bug apapun di Windows 10 dan OS yang mereka gunakan itu berjalan dengan lancar di perangkat yang mereka gunakan. Namun sebagian yang lain mungkin saja akan memberikan jawaban yang berbeda. Bahkan mungkin mereka menemukan lebih banyak bug di Windows 10 daripada yang ditulis dalam artikel Softrickinfo.com kali ini.

Bug Sleep di Windows 10 Final masih ada

Ketidaknyamanan atau bisa juga dikatakan sebagai “bug” di Windows 10 Final yang paling terasa adalah ketika kita menggunakan mode “Sleep” untuk mengistirahatkan laptop atau komputer yang kita gunakan dan menghidupkannya beberapa saat kemudian. Ketika dinyalakan kembali, Windows akan berjalan seperti biasa dan belum ada tanda-tanda aneh di perangkat yang kita gunakan, namun beberapa saat kemudian layar akan tiba-tiba gelap dan kemdian muncul Blue Screen ala Windows terbaru yang diikuti dengan restart-nya perangkat yang kita gunakan secara otomatis.


Jangan Gunakan “Sleep” di Windows 10 Jika Tidak Mau Mengalami Ini
Tampilan Blue Screen ala Windows 8 di Windows 10 Final via www.techyshacky.com
Menurut beberapa pengalaman teman-teman yang berhasil dibagikan kepada Softrickinfo.com, masalah bug Sleep ini bukan hanya baru terjadi di Windows 10 saja, di Windows versi sebelumnya seperti Windows 8 dan Windows 8.1 (Windows 8 Update) masalah yang satu ini jga sudah dirasakan oleh banyka pengguna Windows yang sangat menyukai mode yang satu ini.

Banyak pengguna memilih untuk Downgrade

Karena masih memiliki beberapa masalah kecil yang membuat pengguna merasa kurang nyaman dan sedikit terkendala pekerjaannya karena masalah tersebut, banyak pengguna Windows 10 yang kemudian berbondong-bondong melakukan downgrade (turun versi) dari Windows 10 ke Windows 7 SP1 bahkan Windows XP yang dukungannya sudah dicabut oleh Microsoft. Tidak sedikit pula mengguna yang enggan untuk mengupdate Windows mereka ke Windows 10 Terbaru karena alasan kenyamanan dan kepuasan dalam hal penggunaan.

Solusi Bug Sleep di Windows 10

Meski sudah menjadi masalah lama yang melekat di Windows versi terbaru, entah mengapa sampai saat ini keliatannya belum ada perbaikan dari Microsoft untuk masalah yang satu ini sehingga belum ada solusi yang benar-benar tepat selain untuk tidak menggunakan mode sleep ketika menggunakan Windows 10. Alternatif lainnya pengguna bisa memilih untuk menggunakan mode Hibernate atau Shut Down. Mungkin ke depan jika tulisan ini mendapat banyak respon dan sampai ke pihak Microsoft. Masalah yang satu ini bisa segera teratasi.

Tulisan ini tidak bermaksud untuk menakut-nakuti para pengguna Windows yang ingin mencoba Windows 10 Final. Saya hanya sekedar berbagai dan sedikit memberikan review soal pengalaman selama menggunakan Windows 10. Saya sendiri karena hanya berkeja sebagai mahasiswa dan content writer, tidak begitu merasakan masalah yang terdapat di Windows 10. Sejauh ini semuanya aman kecuali jika saya menggunakan mode “Sleep”.

Jika kamu juga menemukan bug atau masalah lain di Windows 10 yang kamu gunakan, sobat bisa berbagi dengan cara menceritakannya di kolom komentar. Jika Softrickinfo.com punya solusinya, maka dengan segera akan dibahas dalam sebuah artikel khusus.
Share on Google Plus

Tentang Bahrul Ilmi

Seorang Content Writer Pontianak yang masih dalam proses menimba ilmu, juga sedang mengembangkan sebuah usaha bernama #Pontiwriter. Bergerak di bidang penulisan konten. Menerima orderan artikel dengan tema teknologi dan gadget. Hubungi saya melalui email di gbygoober@gmail.com.

23 comments:

  1. betul sekali bug di windows 10 adalah sleepnya

    ReplyDelete
  2. kok penggunaan batre pada windows 10 lebih boros ya? apa itu bug juga?

    ReplyDelete
  3. Betul. Konsumsi baterai lebih boros.

    ReplyDelete
  4. pantas saja, setiap kali saya sleep atau laptob saya tinggal sampai sleep dlm waktu cukup lama(kalau sleep hanya 5/10 menit tidak kok), ketika saya nyalakan kembali. langsung muncul seperti itu, bosd bluescreen. saya kira itu virus/ada kerusakan pada hardware laptob saya. ternyata setelah saya baca disini ternyata itu di pastikan bug. terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  5. Saya juga pagi ini mengalami hibernating di laptop sekarang,tapi saya tidak pernah menggunakan sleep. Tadi malam saya langsung matikan setelah selesai menggunakan laptop gimana ya cara mengatasinya?

    ReplyDelete
  6. Saya juga pagi ini mengalami hibernating di laptop sekarang,tapi saya tidak pernah menggunakan sleep. Tadi malam saya langsung matikan setelah selesai menggunakan laptop gimana ya cara mengatasinya?

    ReplyDelete
  7. Sya juga bgitu... Win7 saya tutup layar lngsung mode sleep... Win 10 tutup mode sleep cmn 1 mnit tba2 nyalA sendiri sampe hang aq punya batrei

    ReplyDelete
  8. Kok windows 10 gw kok engga pernah bluescreen ya? Soalnya gw salah satu penggemar mode sleep hehe... Cuman kalo di punya gw bluescreennya pas gw buka sound recording bawaan windows

    ReplyDelete
  9. gan mau tanya laptop saya dalam posisi hidup akan tetapi tiba2 sleep sendiri pengaturan apa yang harus diperbaiki supaya tetap menyala terus....

    ReplyDelete
  10. Belum lama upgrade CPU dengan harapan bisa menjadi solusi sleep mode pada Windows 10. Awalnya sempat bingung, karena bukan hanya tdk bisa sleep, melainkan tidak bisa shutdown. Akhirnya masalah shutdown beres, dan sekarang masih bermasalah dgn Sleep Mode. Saya sempat berpikir, apakah mau kembali ke versi Threshold 2 (1511)...? Masalah sleep mode ini baru saya jumpai setelah upgrade ke Redstone 1.

    ReplyDelete
  11. Kalo saya udah aktifin mode sleep bisa. Tapi kemudian laptop langsung on lagi padahal gak pencet apa"

    ReplyDelete
  12. laptop saya kalo di sleep mode, setelah beberapa detik langsung nyala dengan sendirinya, itu kenapa ya? ada solusinya ngga? (win 10)

    ReplyDelete
  13. Laptop saya kalau saya Sleep nanti kalo dinyalakan kebali malah jdi kayak abis direstart, apakah itu juga termasuk bug ?

    ReplyDelete
  14. sama bro kalo ditinggal lama sleep nya, laptop ane malah gabisa nyala lagi, indikator lampunya masih nyala semua padahal, di restart juga gabisa, alhasil ane matikan paksa -___-

    ReplyDelete
  15. Kalo laptop pake mode sleep gak bisa di idupin kenapa ya? Mau gak mau di matiin paksa. Windows 10

    ReplyDelete
  16. Punya saya mode sleep malah bangun lagi di win 10, aneh banget dari windows 8.1 juga sama aja

    ReplyDelete
  17. bisa nggak saat upgrade windows 10 versi terbaru laptopnya di sleepkan? soalnya kan makan waktu berjam2 nih. dan blum bisa dipastikan kita lagi make laptopnya. trims

    ReplyDelete
  18. sya malah ketika di sleep malah mati jadi otomatis ngehidupin ulang lagi apakah ini juga bug ?

    ReplyDelete
  19. barusan aku pake mode sleep di wimdows 10 pas dinyalaim ga hidup,udah panik terus aku liat solusi di google aku tekan lama2 tombol mati lalu aku hidupin lagi,akhirnya langsung hidup dengan normal

    ReplyDelete
  20. Kalau merasakan boros windows 10 saya boros banget. Tapi saya takut kenapa kenapa laptop saya. Karena sering upgrade dari win 7 ke win 10 . kalau di downgrap kembali ke windows 7 kenapa kenapa tidak ya. Tolong saranya : kirim ke email saya : iidjudin.2012@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Punya ane win 10 ane sleep udah 4 hari sekarang ngak bisa hidup indikator carger juga ngak hidup gimna solusinya ya ?
    Mohon infonya yg pernah ngalamin
    Lapto sony vaio

    ReplyDelete

Baca sebelum berkomentar

1. Berkomentar menggunakan akun dari layanan yang telah tersedia.
2. Untuk mengetahui balasan komentar silahkan klik "Subscribe by email" sebelum mempublikasikan komentar.
3. Jangan menaruh link di dalam komentar.
4. Gunakan fitur Name/Url dengan baik.
5. Jangan gunakan nama 'anonim'.

IBX58BE408137C57