Hati-Hati Dengan Tombol Delete Di Windows 8

Hai sobat, sudah mencoba menggunakan Windows 8 hari ini? bagi sobat yang baru saja berpindah dari Windows lama ke Windows 8, tentu akan mengalami sedikit keanehan dalam menggunakan Windows tersebut. Salah satunya mungkin sobat akan merasa kehilangan data-data penting, padahal sobat merasa tidak pernah menghapus data-data tersebut. Mengapa itu bisa terjadi? Ini penjelasannya.


Kehilangan data pada sebuah komputer biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya yang paling sering adalah karena adanya serangan virus. Tapi jika sobat menggunakan Windows 8, kehilangan data bisa terjadi hanya karena sobat salah menekan sebuah tombol.

Menekan sebuah tombol di Windows 8 saja mungkin belum benar-benar menghapus data yang sobat miliki, namun jika sobat memiliki kebiasaan membersihkan recycle bin tanpa melihat isi di dalamnya terlebih dahulu, maka sobat akan benar-benar kehilangan data yang mungkin tidak sengaja terhapus.

Di Windows 8, sobat mungkin harus berhati-hati dengan sebuah tombol, tombol apa itu? Tombol tersebut adalah tombol delete. Tombol yang biasa kita gunakan untuk menghapus sesuatu di Windows yang sudah tidak kita butuhkan. Jika pada versi Windows sebelumnya kita akan mendapatkan pesan peringatan ketika akan menghapus file dengan menekan tombol delete, di Windows 8 sobat tidak lagi menemukan pesan seperti itu.

Ketika sobat memilih sebuah file dan dengan sengaja atau tidak menekan tombol delete, file tersebut akan secara otomatis berpindah ke recycle bin tanpa pesan atau peringatan sebelumnya. Bagi sobat yang sudah terbiasa membersihkan recycle bin dengan klik kanan dan memilih Empty Recycle Bin lalu menekan Ok tanpa melihat terlebih dahulu file apa saja yang akan terhapus, hati-hati karena mungkin saja sobat akan kehilangan data yang tidak sengaja terhapus dan berpindah ke recycle bin.

Artikel ini ditulis bukan untuk menakut-nakuti sobat yang sedang menggunakan atau yang ingin menggunakan Windows 8. Softrickinfo hanya memberikan informasi agar sobat lebih berhati-hati ketika sedang menggunakan komputer sobat.

Semoga bermanfaat.


Share on Google Plus

About Bahrul Ilmi

Mahasiswa Komunikasi & Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Menyukai teknologi dan juga jurnalistik. Mencoba berbagi informasi melalui kemampuan menulis yang dititipkan oleh Allah SWT.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 Komentar Sahabat:

  1. Tombol itu sdh sy coba. Sy sering menekan tombol itu untuk hapus file.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti sudah tau dong ya harus ngapain kalo misalnya menekan tombol itu secara tidak sengaja.

      Delete

Baca sebelum berkomentar

1. Berkomentar menggunakan akun dari layanan yang telah tersedia.
2. Untuk mengetahui balasan komentar silahkan klik "Subscribe by email" sebelum mempublikasikan komentar.
3. Jangan menaruh link di dalam komentar.
4. Gunakan fitur Name/Url dengan baik.
5. Jangan gunakan nama 'anonim'.